Putusan DKPP Bawaslu Kayong Utara Rehabilitasi, Pokja: Norma Etika Penyelenggara Pemilu

"Ada pernyataan dan putusan yang tegas untuk bagaimana masyarakat bisa menilai integritas penyelenggara pemilu itu sendiri," tuturnya.

Putusan DKPP Bawaslu Kayong Utara Rehabilitasi, Pokja: Norma Etika Penyelenggara Pemilu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Maryadi Sirat 

Putusan DKPP Bawaslu Kayong Utara Rehabilitasi, Pokja Rumah Demokrasi Kalbar: Norma Etika Penyelenggara Pemilu

PONTIANAK - Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Maryadi Sirat menilai jika putusan rehabilitasi untuk Bawaslu Kayong Utara oleh DKPP RI sudah final dan mengikat.

"Putusan tersebut menurut saya sudah cukup jelas sebagai penerapan norma etika dari penyelenggara pemilu, untuk menjaga keluhuran dan integritas profesi penyelenggara pemilu itu sendiri," katanya, Jumat (02/08/2019).

Dengan adanya keputusan DKPP tersebut, lanjut dia, publik dapat melihat sejauh mana Bawaslu Kayong Utara menjaga integritas dirinya sebagai penyelenggara pemilu.

"Tentunya dengan keputusan ini masyarakat bisa menilai etika penyelenggra pemilu dalam menjalan tugas tugas kepemiluannya," bebernya.

Baca: Bawaslu Kayong Utara Berikan Tanggapan Pasca Terima Putusan dari DKPP

Baca: Inilah Isi Putusan DKPP Untuk Bawaslu Kayong Utara

Baca: Putusan Sidang Kode Etik Bawaslu Kayong Utara Menunggu di Website DKPP

Hal ini penting, kata dia, untuk menjaga kehormatan penyelenggara pemilu.

"Ada pernyataan dan putusan yang tegas untuk bagaimana masyarakat bisa menilai integritas penyelenggara pemilu itu sendiri," tuturnya.

Selain itu, lanjut Maryadi, hal tersebut juga harus jadi pembelajaran dan peringatan ketika ingin melaksanakan tugas tugas kepemiluan agar lebih berhati-hati dan sesuau aturan yang ada.

Selain, kata dia, putusan DKPP sudah menjadi bukti bahwa Bawaslu Kayong Utara dalam menjalankan tugas tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga DKPP memutuskan merehabilitasi ataupun memulihkan nama baik pihaknya sebagai penyelenggara

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved