Dinkes Sintang Peringatkan PT Borneo Hentikan Aktivitas Selama Belum Miliki SIB

Beberapa waktu lalu, postingan akun sosial media Instagram @SintangInformasi tentang adanya penangkapan karyawan PT Borneo Group

Dinkes Sintang Peringatkan PT Borneo Hentikan Aktivitas Selama Belum Miliki SIB
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mediasi antara PT Borneo Group Cabang Sintang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan Polsek Sintang Kota di Mapolsek Sintang Kota, Minggu (28/7/2019) lalu. 

Dinkes Sintang Peringatkan PT Borneo Hentikan Aktivitas Selama Belum Miliki SIB

SINTANG - Beberapa waktu lalu, postingan akun sosial media Instagram @SintangInformasi tentang adanya penangkapan karyawan PT Borneo Group oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan Polsek Sintang Kota sempat ramai diperbincangkan.

Dalam postingan tersebut, keterangan yang disampaikan bahwa karyawan PT Borneo Group tanpa sepengatahuan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang melakukan pengambilan sampel darah terhadap masyarakat.

Saat dikonfirmasi Tribun Pontianak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh membenarkan kejadian tersebut. Secara lugas, Sinto menjelaskan kronologis kejadian penangkapan yang dilakukan tersebut.

"Jadi hari Minggu (28/7), saya dapat laporan dari masyarakat bahwa ada beberapa orang yang mengambil sampel darah untuk pemeriksaan gula darah dan kolesterol di Terminal Sungai Durian," jelasnya, Jumat (2/8/2019) siang.

Baca: Bhakti Suci Buka Pendaftaran Ketum, Susanto Lim Jadi Pendaftar Pertama

Baca: Gempa Banten Hari Ini, Sumur Banten Diguncang Gempat Magnitudo 7,4! Ini Lokasi Potensi TSUNAMI

Baca: UPDATE! Jadwal Liga 1 2019 - Laga Badak Lampung FC Vs Persela Lamongan Resmi Ditunda

Setelah memdapat laporan itu, dirinya meminta kepada Staf Dinkes Sintang mengecek langsung ke lapangan. Karena saat dicek tidak ada izin, karyawan PT Borneo Group yang melakukan praktik inipun dibawa ke Polsek Sintang Kota.

Setelah ada pembicaraan di Polsek Sintang Kota dan berlangsung damai, keesokan harinya Manajer PT Borneo Group kemudian diminta datang ke Kantor Dinkes Sintang untuk dilakukan pertemuan bersama Disperindagkop Sintang.

"Dalam pertemuan tersebut, ternyata kita ketahui PT Borneo Group ini legal secara hukum karena sudah mengantongi SITU dan SIUP. Akan tetap, mereka belum memiliki SIB atau surat izin berusaha di Kabupaten Sintang," terang Sinto.

Padahal menurut Sinto, SIB yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sintang wajib dimiliki oleh perusahaan mana saja yang melakukan usaha di Kabupaten Sintang.

"Nah sebelum SIB ini diterbitkan, kalau seperti PT Borneo Group ini kan mereka perlu rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan Disperindagkop Sintang. Namun itu tergantung lagi jika dilihat dari sisi usahanya seperti apa," jelas Sinto.

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved