Sutarmidji Pastikan Kalbar Siap Jika Ibu Kota Pindah Kalimantan, Ini Strateginya

Sutarmijdi yakin dengan pelabuhan yang ada banyak nilai tambah dan manfaat yang didapatkan oleh Kalbar.

Sutarmidji Pastikan Kalbar Siap Jika Ibu Kota Pindah Kalimantan, Ini Strateginya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HADI SUDIRMANSYAH
Gubernur Sutarmidji saat foto bersama dengan jajaran Manajen Tribun Pontianak, Kamis (1/8/2019) 

Sutarmidji Pastikan Kalbar Siap Jika Ibu Kota Pindah Kalimantan, Ini Strateginya

PONTIANAK - Pemindahan Ibu Kota Negara di Pulau Kalimantan semakin santer diberitakan seiring penetapan yang dilakukan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Kalimantan Barat sebagai bagian daerah yang ada di Pulau Kalimantan harus mempersiapkan diri menghadapi pemindahan ibu kota negara tersebut.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji menegaskan saat ia mengunjungi Kantor Tribun Pontianak pada momen ulang tahun ke 11 telah menyebutkan bahwa provinsi yang ia pimpin sudah siap apabila ibu kota negara dipindahkan di Kalimantan yaitu Kaltim.

Baca: Ucapkan Selamat HUT Tribun Pontianak ke-11, Kapolda Berharap Tetap Semangat Membangun Kalbar

Baca: VIDEO: Beri Ucapan Selamat HUT Tribun Pontianak ke-11, Ini Harapan Bripda Meisianus Jordan

Kesiapan Kalimantan Barat adalah mengambil nilai tambah dari pemindahan ibu kota tersebut sehingga Kalbar bisa maju seperti halnya provinsi-provinsi di pulau jawa yang notabenenya satu pulau dengan ibu kota.

"Kita sangat siap apabila ibu kota dipindahkan di Kalimantan, kita akan mengambil nilai tambah dari perpindahan ibu kota," ucap Midji saat memaparkan kesiapan Kalbar di Kantor Tribun Pontianak, Kamis (1/8/2019).

Akses antara provinsi yang ada di Kalbar pastinya sudah semuanya. Mulai dari Kalbar-Kalteng-Kalsel dan lainnya semua sudah terhubung, sehingga nilai tambah dari adanya ibu kota tersebut akan dapat diambil oleh Kalbar apabila dikelola dengan baik.

Apalagi dalam waktu dekat, Midji memastikan jarak Kalbar dan Kalteng akan semakin dekat dengan adanya keterhubungan antara Sukamara (Kalteng) dan Sukaramai (Kalbar)

"Ketapang akan terhubung dengan Kalteng, sehingga akses kita semakin dekat," jelasnya

Selain keterbukaan akses dengan provinsi lainnya, Kalbar juga tengah dibangun pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan yaitu pelabuhan kijing, sehingga itu bisa menjadi pintu ekspor-impor bahkan mengalahkan Singapura dan Batam.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved