Citizen Reporter

Pelajaran Prakarya, Tak Hanya Membuat Barang Kerajinan Tangan Juga Diajarkan Memasak 

Belajar memasak sangat penting untuk kita sendiri. Karena belajar memasak juga termasuk bagian dari kemandirian.

Pelajaran Prakarya, Tak Hanya Membuat Barang Kerajinan Tangan Juga Diajarkan Memasak 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak di dalam pelajaran prakaryanya tidak hanya membuat kerajinan tangan tetapi juga mengajarkan cara memasak yang baik dan benar. 

Citizen Reporter
Jurnalis Pelajar Muhammadiyah, Nazla 

PONTIANAK - SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak di dalam pelajaran prakaryanya tidak hanya membuat kerajinan tangan tetapi juga mengajarkan cara memasak yang baik dan benar.

Nur Rofik S.KOM sebagai guru pembimbing prakarya yang memberikan arahan kepada siswa-siswi untuk belajar cara memasak yang baik dan benar.

Agar siswa-siswi tidak hanya belajar materi saja, namun praktek secara langsung pun dilakukan. Yang juga bertujuan untuk mengukur kemampuan para siswa-siswi dengan melakukan praktek memasak secara langsung. 

"Lebih baik membuat dan memasak makanan sendiri yang jelas-jelas lebih sehat daripada jajan-jajan diluar yang belum tentu terjamin kebersihannya," terang Nur Rofik S.KOM, guru pembimbing mata pelajaran prakarya. 

Belajar memasak sangat penting untuk kita sendiri. Karena belajar memasak juga termasuk bagian dari kemandirian. 

Baca: VIDEO: Hotel Maestro Pontianak Sambangi Tribun Pontianak, Sampaikan Ucapan Selamat HUT ke 11

Memasak adalah kegiatan yang menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi.

Ada juga metode metode cara memasak yaitu metode, teknik, peralatan, dan kombinasi bumbu dapur untuk mengatur rasa dan memudahkan makanan untuk dicerna, mengubah makanan dari segi warna, rupa, rasa, tekstur, penampilan dan nilai nutrisi.

Memasak secara umum yaitu seperti persiapan dan proses memilih, mengatur kuantitas, dan mencampur bahan makanan dengan urutan tertentu dengan tujuan untuk medapatkan hasil yang diinginkan.

Memanaskan bahan makanan umumnya, walaupun tidak selalu, perubahan bahan makanan tersebut secara kimiawi, mengakibatkan adanya perubahan rasa, tekstur, penampilan, dan nilai nutrisi. (*)
 

-- 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved