Gerindra Kalbar Ingin Menang Pilkada, Pengamat: Cek Hasil Survei

Dr. Erdi, M.Si menilai perlunya parpol untuk mengecek hasil survei ketika ingin mengusung dan memenangkan pemilu ataupun pemilukada.

Gerindra Kalbar Ingin Menang Pilkada, Pengamat: Cek Hasil Survei
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pengamat Kebijakan Publik Untan Pontianak Dr Erdi Abidin M Si 

Gerindra Kalbar Ingin Menang Pilkada, Pengamat: Cek Hasil Survei

PONTIANAK - DPD Gerindra Kalbar menargetkan sapu bersih kemenangan di Pilkada serentak di Kalbar 2020 nanti.

Pengamat dan akademisi dari FISIP Untan, Dr. Erdi, M.Si pun menilai perlunya parpol untuk mengecek hasil survei ketika ingin mengusung dan memenangkan Pemilu ataupun Pemilukada.

Berikut penuturannya: 

"Saya melihatnya yang pertama, kekuatan ada pada figur, kalau Bupati, Wali Kota, Gubernur itu pada figur.

Figurnya itu adalah figur yang memang sudah dikenal orang, pernah menjabat, jasa-jasa baiknya berguna untuk masyarakat dan melayani.

Jadi yang mau kita lihat popularitasnya dulu, popularitas dasar dari prestasi, jadi dasarnya kedekatan dengan media segala macam, jadi populer.

Baca: Bappilu Gerindra Kalbar Target Sapu Bersih Menang di Pilkada

Baca: Ketua Gerindra Kalbar Buka Peluang Maju Cabup Sambas

Ketika dia populer, tentu yang disampaikan media ke masyarakat, prestasi yang bersangkutan sehingga baru turunlah yang namanya elektabilitas.

Jadi siapapun dia, termasuk Gerindra ketika mampu mengemas popularitas kandidat melalui publikasi prestasi maka kemungkinan akan tinggi angka elektabilitasnya, oleh karena itu saya menyarankan tidak mesti mengusulkan kandidat sendiri, karena dari tujuh yang pilkada, saya rasa hanya di Sambas Gerindra punya kader yang populer.

Sementara itu, maka diperlukan afiliasi dengan partai lain terutama pernah berkoalisi di Pilpres. Saya berpikir tidak mungkin Gerindra akan diambil PDI Perjuangan karena bekas pilpres masih ada.

Baca: Gerindra Tegaskan Usung Kader di Pilkada Serentak 2020

Baca: Prabowo Berpotensi Maju Pilpres 2024, Gerindra Siap Dorong! Golkar Belum Bicara Soal Airlangga

Kemudian juga perlu mengukur elektabilitas dengan calon lain, atau brand marking. Orang Gerindra harus mengukur elektabilitasnya dibanding dengan calon atau kandidat yang lain. Dan menyelesaikan hal tersebut, dengan survei, jadi harus disurvei pada daerah yang akan berpilkada.

Saya melihat hasil pileg kemarin potret usaha, usaha yang kuat dan keras dari masing-masing calon akan membuahkan suara.

Usahanya berbagai macam yang menghasilkan pilihan. Ketika ada partai lain yang lebih hebat, tentu apa yang diusahakan belum cukup untuk menghantarkan karena ada calon lain yang lebih hebat usahanya.

Publik ini sudah diberi pelajaran banyak hal terkait dengan pemilu, termasuk diantaranya adalah nilai suara. Jadi memang untuk sampai ke sana tidak hanya dengan pendekatan uang tetapi juga diperlukan pendekatan psikologis, program dan menjalin komunikasi terus menerus menjadi kunci keberhasilan untuk dapat menang,". (dho)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved