Disdukcapil Pontianak Terapkan Layanan Online

layanan offline tetap dilakukan karena tidak semua masyarakat memiliki kemampuan untuk mengakses jaringan online.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FILE
Kadis Dukcapil Pontianak,  Suparma.  

Disdukcapil Pontianak Terapkan Layanan Online

PONTIANAK - Kepala Disdukcapil Kota Pontianak Suparma menuturkan pihaknya secara pelan-pelan melakukan peningkatan seluruh layanan dari berbasis offline menuju ke Online. 

Ia mengatakan pendaftaran online tersebut diluncurkan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mendaftarkan antrian dalam pengurusan dokumen kependudukan disdukcapil.

"Tujuan utamanya adalah kita ingin memudahkan pelayanan administrasi kependudukan sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan pada masyarakat," ujarnya.

Kendati demikian, layanan offline tetap dilakukan karena tidak semua masyarakat memiliki kemampuan untuk mengakses jaringan online.

Baca: Tim Terpadu Edukasi Berikan Sosialisasi Produk Halal Pada Pengusaha Rumah Makan dan Restoran

Baca: Targetkan Mall Pelayanan Publik Beroperasi Tahun 2019

"Jadi pagi masih menyisakan 85 nomor untuk offline dan siang 40 untuk online. Mau tidak mau berat atau tidak berat kota harus melangkah lebih maju kedepan," ujarnya.

Ia menambahkan aplikasi yang dibuat tersebut juga sejalan dengan koordinasi dengan fitur layanan kependudukan lainya. seperti penerbitan akte lahir, kematian, perkawinan dan pengurusan dokumen kependudukan lainya.

"Kenapa akte ini kita paksa untuk kerjasama untuk isbat nikah juga. Di KK kita ada tambahan kolom yang namanya golongan darah dan kawin tercatat. karena masih banyak juga warga pontianak yang belum tercatat status pernikahnya," ujarnya.
Ia menjelaskan jika sudah datanya sinkron baik dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama sehingga semua pasangan yang belum memiliki surat nikah dapat segera diterbitkan jika seluruh datanya lengkap.

"Selain itu juga untuk evaluasi berkaitan dengan profil data perkembangan kependudukan kita di kota Pontianak ini," ujarnya

Baca: Dua Kali Daftar, Keinginan Rahmat Terwujud Lulus Calon Bintara Polri

Pada Tahun 2018 karena akan disusun laporannya ke tahun 2019. Kedepan pihaknya juga sudah mengacu kepada sistem bank data itu sudah kerjasama MOU dengan kecamatan itu yang didahulukan. 

"Ini program yang harus kita tindaklanjuti. Sesuai dengan arahan wali kota tadi ini merupakan program layanan dasar harus kita sikapi sepanjang disesuaikan dengan aturan yang ada.

Walaupun banyak protes kepada masyarakat. Untuk itu kepada masyarakat apabila tidak jelas silahkan diaplikasi silahkan datang langsung ke Disdukcapil kota Pontianak," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved