Wali Kota Edi Kamtono akan Benahi Layanan Plat

Termasuk soal teknis pembinaan. Karena masalah sosial terhadap anak memerlukan treatmen khusus

Wali Kota Edi Kamtono akan Benahi Layanan Plat
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono 

Wali Kota Edi Kamtono akan Benahi Layanan Plat

PONTIANAK – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono secara tegas akan segera melakukan pembenahan terhadap Pusat layanan Anak Terpadu (PLAT). Ada beberapa sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki seperti toilet, pintu dan beberapa fasilltas lainya.

“Beberapa sarana lain seperti tempat tidur kondisinya bersih. Pengalaman kejadian ini akan jadi pelajaran kami untuk membenahi PLAT dengan standar layanan yang ada,” ujarnya usai menerima kunjungan kerja dari Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian PPPA Nahar di Ruang Kerja Wali Kota Pontianak.

Pada momen tersebut Edi menjelaskan secara singkat Dirinya juga membicarakan tentang pelayanan dan penanganan terhadap sejumlah problem sosial dan anak yang berhadapan dengan  hukum.

Baca: Selesaikan Tahap 1 Kasus Anak Disabel Meninggal di PLAT, Kapolsek: Hasil Autopsinya Besok

Baca: VIDEO: Ucapkan Hut Tribun Pontianak ke-11, Kapolres Sanggau: Aktual dan Update

“Sehingga nantinya kota pontianak menjadi role model untuk kota pontianak semakin lebih baik,” ujarnya.

Edi juga mengatakan pembenahan seperti kondisi persyaratan bangunan, serta keamananya. Nantinya juga pihaknya akan meminta pendampingan dengan kementerian terkait seperti apa PLAT yang ideal.

“Termasuk soal teknis pembinaan. Karena masalah sosial terhadap anak memerlukan treatmen khusus,” ujarnya.

Edi juga menyinggung soal pemisahan perlakuan antara anak yang berhadapan dengan hukum dan disabilitas. Pihaknya juga akan melakukan proses kajian secara komprehensif terhadap kemungkinan untuk membangun fasilitas khusus bagi anak dan disabilitas.

Baca: VIDEO: Polres Sintang Gelar Rapat Koordinasi Bersama Awak Media

Berkaitan dengan dugaan penganiayaan yang terjadi di dalam PLAT hingga menyebabkan seorang penghuni meninggal dunia. Edi tak menampik adanya kelalaian petugas di lapangan. Terkait hal tersebut pihaknya memastikan akan melakuan evaluasi secara menyeluruh.

“Kita akan komitmen untuk terus melakukan pembenahan dan perisitiwa ini akan menjadi pelajaran penting bagi untuk dapat mencegah sedini mungkin jangan sampai perisitiwa tersebut berulang kembali,” ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved