TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Data Statistik Pendidikan di Kabupaten Sintang

Keberhasilan proses pendidikan sangat tergantung oleh tersedianya sarana dan prasarana serta tenaga pengajar yang memadai

TRIBUNWIKI: Data Statistik Pendidikan di Kabupaten Sintang
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Tabel Data Statistik Pendidikan di Kabupaten Sintang 

TRIBUNWIKI: Data Statistik Pendidikan di Kabupaten Sintang

SINTANG - Berdasarkan Publikasi Statistik Daerah Kabupaten Sintang 2018 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sintang berikut akan disajikan data statistik pendidikan di Kabupaten Sintang.

Keberhasilan proses pendidikan sangat tergantung oleh tersedianya sarana dan prasarana serta tenaga pengajar yang memadai, baik kualitas maupun kuantitas.

Pada tahun ajaran 2017/2018, di Kabupaten Sintang terdapat 90 TK, 430 SD, 117 SMP, 49 SMA/SMK dan 7 Perguruan Tinggi.

Kualitas pendidikan di Kabupaten Sintang sudah cukup baik, ini dapat dilihat dari rasio guru dan murid yang nilainya kecil.

Pada jenjang pendidikan SD seorang guru rata-rata mengajar 18 murid, untuk jenjang pendidikan SMP rata-rata seorang guru mengajar 19 murid, di jenjang SMA beban seorang guru mengajar 19 murid serta di jenjang SMK seorang guru mengajar 18 murid.

Baca: TRIBUNWIKI: Data Statistik Ketenagakerjaan di Kabupaten Sintang

Baca: TRIBUNWIKI: Ini Data Statistik Kependudukan Kabupaten Sintang

Baca: TRIBUNWIKI: Miliki 14 Kecamatan, Berikut Data Statistik Pemerintahan Kabupaten Sintang

Angka partisipasi sekolah untuk penduduk usia 7-12 tahun di Kabupaten Sintang sudah cukup baik dimana 97,99 penduduk di usia tersebut bersekolah. Ini artinya pendidikan di jenjang pendidikan dasar sudah terpenuhi.

Untuk jenjang pendidikan menengah pertama, yaitu untuk yang berumur 13-15 tahun angka partisipasi sekolahnya adalah 89,92 persen.

Sedangkan untuk kelompok umur 16-18 tahun, angka partisipasi sekolahnya adalah sebesar 53,67 persen.

Angka harapan lama sekolah adalah lamanya sekolah yang diharapkan akan dirasakan pada anak umur tertentu di masa mendatang. Pada tahun 2017, angka harapan lama sekolah di Kabupaten Sintang adalah sebesar 11,54 tahun.

Artinya anak Kabupaten Sintang diharapkan akan mampu mengenyam pendidikan minimal sampai 11 tahun atau sekitar sekolah lanjutan tingkat kedua.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved