TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Data Statistik Ketenagakerjaan di Kabupaten Sintang

Ketenagakerjaan merupakan aspek yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia karena menyangkut dimensi ekonomi dan sosial

TRIBUNWIKI: Data Statistik Ketenagakerjaan di Kabupaten Sintang
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Tabel Data Statistik Ketenagakerjaan Kabupaten Sintang 

TRIBUNWIKI: Data Statistik Ketenagakerjaan di Kabupaten Sintang

SINTANG - Berdasarkan Publikasi Statistik Daerah Kabupaten Sintang 2018 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sintang berikut akan disajikan data statistik ketenagakerjaan Kabupaten Sintang.

Ketenagakerjaan merupakan aspek yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia karena menyangkut dimensi ekonomi dan sosial.

Salah satu sasaran utama pembangunan adalah terciptanya lapangan kerja baru dalam jumlah dan kualitas yang memadai agar dapat menyerap tambahan angkatan kerja yang memasuki pasar kerja setiap tahun.

Penduduk usia kerja (15 tahun ke atas) di Kabupaten Sintang yang berjenis kelamin laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan.

Penduduk usia kerja laki-laki di tahun 2017 mencapai 51,55 persen dan sisanya penduduk usia kerja wanita.

Baca: TRIBUNWIKI: Ini Data Statistik Kependudukan Kabupaten Sintang

Baca: TRIBUNWIKI: Miliki 14 Kecamatan, Berikut Data Statistik Pemerintahan Kabupaten Sintang

Baca: TRIBUNWIKI: Alamat Kantor J&T Express di Ketapang

Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) tahun 2017 sebesar 71,74 persen, yang artinya dari 100 penduduk usia kerja yang ada di Kabupaten Sintang terdapat sekitar 72 orang diantaranya yang masuk ke dalam angkatan kerja.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Sintang tahun 2017 sebesar 1,93 persen, yang artinya setiap 100 penduduk usia kerja yang termasuk kelompok angkatan kerja, secara rata-rata terdapat 2 orang yang tidak bekerja.

Berdasarkan status pekerjaan utama, persentase tertinggi yaitu 28,73 persen justru sebagai pekerja keluarga/tidak dibayar, kemudian 22,74 persen adalah berusaha sendiri, dan 22,52 adalah buruh/karyawan/pegawai.

Proporsi pekerja menurut lapangan pekerjaan utama merupakan salah satu ukuran untuk melihat potensi kategori perekonomian dalam menyerap tenaga kerja.

Lapangan pekerjaan utama penduduk Kabupaten Sintang sebagian besar berada pada kategori pertanian yaitu sebesar 70,87 persen, sedangkan kategori pengadaan listrik, gas, dan air minum
merupakan kategori yang terkecil yaitu sebesar 0,13 persen.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved