Jelang Sidang Lanjutan di MK, Ini Kata KPU Kubu Raya

Ketua KPU Kubu Raya, Karyadi mengungkapkan kesiapan pihaknya menghadapi sidang lanjutan MK yang dijadwalkan akan digelar Selasa 30 Juli besok

Jelang Sidang Lanjutan di MK, Ini Kata KPU Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Kubu Raya, Karyadi 

Jelang Sidang Lanjutan di MK, Ini Kata KPU Kubu Raya

PONTIANAK – Ketua KPU Kubu Raya, Karyadi mengungkapkan kesiapan pihaknya menghadapi sidang lanjutan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadwalkan akan digelar Selasa 30 Juli besok.

"Kita sudah siap dengan sidang pembuktian ini, kami pun berdasarkan data dilapangan, terkait hasil kita serahkan kepada MK yang menilai," jelasnya.

"Apakah kemudian KPU Kubu Raya menghadirkan saksi terkait sidang kedua MK kemarin, kami dapat jadwal terakhir 30 Juli KPU Kubu Raya akan menghadirkan satu komisioner sebagai pemberi keterangan. Sementara saksi Insyallah akan dihadirkan dari PPK dan PPS," katanya.

Namun, kata dia, karena di MK hanya tiga orang yang bisa menjadi saksi, maka saksi dalam hal ini PPK dan PPS akan menghadiri sidang melalui video conference di Untan Pontianak.

Baca: KPU Kubu Raya Terus Tingkatkan Komunikasi Dengan Bawaslu

Baca: KPU Kubu Raya Terus Berupaya Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2019

Lebih lanjut, Karyadi menerangkan, PKS menggugat sidang pleno di Kecamatan, namun yang disayangannya, saat pleno kecamatan PKS tidak keberatan terkait hasil beberapa TPS yang dibacakan, namun kemudian muncul gugatan di MK.

"Mestinya jika ingin clear ketika di Kecamatan, boleh membuka plano, menghitung ulang surat suara. Kita tetap pada hasil pleno disampaikan di MK, bahwa hasil dipleno legal, diikuti seluruh saksi, panwas dan pembacaan hologram terbuka, tapi tentu parpol punya hak untuk menggugat dan sebagainya, sehingga kita tinggal memberikan data yang ada dilapangan," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kalbar, Ramdan juga mengungkapkan hal yang senada terkait kesiapan pihaknya menghadapi sidang lanjutan di MK.

Baca: KPU Kubu Raya Rekrut 800 Orang Untuk Lipat Kertas Suara

Baca: KPU Kubu Raya Pastikan Tidak ada WNA yang Masuk di DPT

Diterangkanya, sidang lanjutan MK sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan, tanggal 30 Juli 2019 agenda sidang pembuktian, mendengarkan keterangan saksi pemohon dengan termohon khusus Partai Gerindra untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Kalbar 6, PKS untuk Kubu Raya dan Demokrat untuk Ketapang.

"Sesuai dengan agenda bahwa mendengarkan keterangan saksi pemohon dan termohon, di kami juga tentu menyediakan saksi kemudian termasuk KPU sebagai pemberi keterangan. Saksinya PPK, kemudian PPS," katanya

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved