Bupati Buka Gawai Dayak ke X Kabupaten Sekadau

Bupati Sekadau, Rupinus membuka secara langsung gelaran Gawai Dayak ke X Kabupaten Sekadau, di Betang Youth Center Jl Panglima Naga

Bupati Buka Gawai Dayak ke X Kabupaten Sekadau
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Bupati Sekadau, Rupinus membuka secara langsung gelaran Gawai Dayak ke X Kabupaten Sekadau, di Betang Youth Center Jl Panglima Naga, Sekadau, Senin (29/7). 

Bupati Buka Gawai Dayak ke X Kabupaten Sekadau

SEKADAU - Bupati Sekadau, Rupinus membuka secara langsung gelaran Gawai Dayak ke X Kabupaten Sekadau, di Betang Youth Center Jl Panglima Naga, Sekadau, Senin (29/7). Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali oleh bupati sekadau.

"Gawai dayak Kabupaten Sekadau menutup semua kegiatan-kegiatan nyapat tahun yang ada di Kabupaten Sekadau. Biasanya nyapat tahun itu setelah tahun, sebagai manusia kita harus menyesuaikan dengan kondisi alam," ujarnya

Ia mengatakan Gawai merupakan wujud ucapan syukur dan memulai pertanian untuk tahun berikutnya.

"Ini ada siklusnya, dari 10 kali gawai ada kegiatan baru kita ada misa pemberkatan benih dan alat pertanian dalam rangka syukur gawai," lanjutnya.

Selain sebagai upacara adat, gawai dayak menurutnya pula menjadi daya tarik wisata bagi kabupaten sekadau.

Baca: Warga Kalbar Dikabarkan Mati dan Hidup Lagi, Warga: Masak Habis Meninggal Langsung Ngomong & Berdiri

Baca: Lerry Kurniawan Figo: DPRD Tidak Akan Intervensi Proses Open Bidding

Baca: Dekan Sebut Lasarus Kebanggaan FISIP Untan


"Ini juga menjadi Daya tarik wisata, pelestarian budaya, ekonomi kerakyatan, kemudian silaturahmi, dengan silaturahmi bukan hanya orang dayak saja tapi dengan orang lainnya juga. Disinilah nilai kebersamaan dan persatuan ada semua disini," tuturnya

Bupati juga berterima kasih kepada semua yang terlibat dalam pelaksana gawai dayak ke X ini hingga bisa sukses terlaksana.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Pastor Kris yang sudah menyiapkan betang selama gawai. Apresiasi kepada panitia dan kepada semua pihak yang terlibat. Kapolres dan Dandim kami sampaikan terima kasih kepada aparat keamanan yang menjaga keamanan pada kegiatan ini," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved