TIM Dosen IKIP PGRI Pontianak Gelar Program Kemitraan Masyarakat DPRM Ristekdikti Tahun 2019

Tim dosen IKIP PGRI Pontianak gelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Kemitraan Masyarakat DRPM RISTEKDIKTI

TIM Dosen IKIP PGRI Pontianak Gelar Program Kemitraan Masyarakat DPRM Ristekdikti Tahun 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Foto bersama TIM Dosen IKIP PGRI Pontianak usai gelar PKM Program Kemitraan Masyarakat DPRM Ristekdikti tahun 2019 di SMP Pancasila Sungai Kakap, sabtu (27/7/2019). 

TIM Dosen IKIP PGRI Pontianak Gelar Program Kemitraan Masyarakat DPRM Ristekdikti Tahun 2019

PONTIANAK - Tim dosen IKIP PGRI Pontianak gelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Kemitraan Masyarakat DRPM RISTEKDIKTI tahun 2019 dengan judul "Penguatan Literasi di Sekolah" yang diadakan di SMP Pancasila Sungai Kakap.

Sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan PKM tersebut diselenggarakanlah Pengenalan dan Sosialisai Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sabtu (27 Juli 2019).

Bertindak selaku pemateri dalam kegiatan ini yaitu Lynda Kurnia Agustina yang merupakan guru SMPN 2 Pontianak. Pemateri selanjutnya yaitu Dedi Ari Asfar dari Balai Bahasa Kalimantan Barat.

Adapun sasaran atau peserta Kegiatan ini yaitu orang tua/wali murid, kepala sekolah beserta wakilnya, serta para guru dan staff SMP Pancasila Sungai Kakap.

Superman, selaku ketua TIM kegiatan PKM menjelaskan bahwa kegiatan kali ini bertujuan agar guru maupun orang tua/wali murid berperan aktif untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah dan di rumah.

Baca: Pisces dan 4 Zodiak Ini Mudah Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

Baca: Bantah Ada Kubu-kubuan, Cornelis: Yang Ada Kubu PDI Perjuangan

Baca: Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi Dinobatkan Gelar Pangeran Muda Setia Djaya

Budaya membaca tidak bisa dilaksanakan dalam waktu yang singkat tetapi perlu proses pembiasaan yang cukup lama.

Proses ini bisa dimulai dari pembiasaan membaca buku apa saja sesuai minat dan dilanjutkan dengan melakukan pengembangan sedikit demi sedikit sampai ke tahap pemahaman makna dari apa yang dibaca. Pembiasaan membaca bagi siswa juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak, dalam hal ini terutama sekali ialah dari orang tua dan guru.

Selain kegiatan pemotivasian dan sosialisasi yang telah berlangsung selama 2 hari ini, tim PKM juga telah melakukan pembenahan perpustakaan serta akan membuat pojok baca.

Hal ini merupakan bentuk upaya untuk mempersiapkan sarana yang memadai bagi keberlangsungan aktifitas literasi siswa di sekolah.

Lewat kegiatan PKM ini semoga kita dapat sama-sama mensukseskan gerakan literasi yang telah diusung pemerintah lewat Kemendikbud dengan GLS-nya. Guru dan orang tua murid saling bersinergi dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved