Hadiri Gawai Dayak Lebang Nado, Bupati Jarot Janji Fokus Bangun Jalan Penghubung

Bupati Sintang Jarot Winarno membuka Gawai Adat Dayak Lebang Nado ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali

Hadiri Gawai Dayak Lebang Nado, Bupati Jarot Janji Fokus Bangun Jalan Penghubung
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Sintang Jarot Winarno membuka Gawai Adat Dayak Lebang Nado ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali bertempat di Dusun Bangkor, Desa Pengkadan Sungai Rupa, Kecamatan Dedai, Sabtu (27/7/2019) kemarin. 

Hadiri Gawai Dayak Lebang Nado, Bupati Jarot Janji Fokus Bangun Jalan Penghubung

SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno membuka Gawai Adat Dayak Lebang Nado ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali bertempat di Dusun Bangkor, Desa Pengkadan Sungai Rupa, Kecamatan Dedai, Sabtu (27/7/2019) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sintang mengajak masyarakat Pengkadan Sungai Rupa agar untuk bersama sama memajukan daerah dengan menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Desa Pengkadan Sungai Rupa.

“Kita menjalin keakraban antar sesama warga desa dan momen gawai ini cocok untuk saling dekat dan akrab sehingga mampu saling bekerjasama membangun kampung atau desa yang kita cintai ini," pesan Bupati Sintang.

Jarot menyampaikan Desa Pengkadan Sungai Rupa dan Hulu Dedai masih banyak potensi pertanian yang luar biasa yang bisa diolah dan menjadi komoditas unggulan desa seperti karet, cabe, dan padi hitam, dan padi merah.

Baca: Bhabikamtibmas Polsek Belitang Ingatkan Warganya Untuk Cegah Karhutla

Baca: Bupati Sintang Buka Gawai Dayak Lebang Nado di Pengkadan Sungai Rupa

Baca: Bawaslu Kalbar Beri Santunan 3 Pengawas TPS Singkawang yang Meninggal dan Kecelakaan Saat Bertugas

Untuk mendukung itu, fokus utama pemerintah daerah adalah membangun infrastruktur jalan. Sebab diketahui jalan di setiap desa di Kecamatan Dedai belum memadai sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi di desa.

"Inilah yang menjadi penghambat utama bagi kita karena konektivitas antar dusun yang ada di Desa Pengkadan Sungai Rupa ini terhambat sehingga harga komditas anjlok dan tidak mampu bersaing harga dengan daerah lain," kata Jarot.

Setelah pemerintah membangun jalan ini nanti, Jarot mengajak untuk lebih giat bercocok tanam menjaga kebun dan tanaman, supaya produk pertaniannya menjadi lebih unggul dan mampu bersaing harga dengan daerah lain.

Dengan demikain, ke depan maka masyarakat Desa Pengkadan Sungai Rupa mampu memenuhi kebutuhan ekonomi desa. Menurut Jarot menjadi tanggung jawab kita bersama membangun infrastruktur jalan penghubung.

"Tanggung jawab kita bersama membangun jalan yang menjadi penghubung dari dusun, desa ke desa dan ke kecamatan. Jika jalan kita bagus saya yakin pertumbuhan ekonomi di daerah kita akan tumbuh lebih baik," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved