Breaking News:

Lismaryani Sutarmidji Tampil Anggun dengan Busan Khas Daerah di Fashion Show Saat HKG PKK Padang

Ketua TP PKK Kalbar Ny Lismaryani Sutarmidji menjadi sorotan saat tampil dalam acara Fashion Show pada Puncak hari Kesatuan Gerak PKK

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua TP PKK Kalbar, Lismaryani. 

Citizen Reporter
Humas Pemprov Kalbar
Rinto

Lismaryani Sutarmidji Tampil Anggun dengan Busan Khas Daerah di Fashion Show Saat HKG PKK Padang

PONTIANAK - Ketua TP PKK Kalbar Ny Lismaryani Sutarmidji menjadi sorotan saat tampil dalam acara Fashion Show pada Puncak hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Ke 47 di Kota Padang Prov Sumatera Barat, Jumat (26/7).

Ny Lismaryani membalutkan busana khas Kota Pontianak saat lomba Fashion Show, dan membuatnya tampil begitu anggun sebagai model, dengan mengunakan pakaian khas daerah Busana Pengantin Kesultanan Pontianak, Provinsi Kalbar.

Ketua PKK Kalbar Ny Lismaryani Sutarmidji mengatakan busana yang ditampilkan pada ajang Fashion Show ini merupakan busana khas Kesultanan Pontianak.

"Busana/Baju Khas Kalbar yang kita tampilkan adalah busana yang biasa dipakai oleh Puteri Sultan Kesultanan Kadriyah Kota Pontianak," kata Ny Lismaryani Sutarmidji.

Dikatakannya, busana khas Kota Pontianak ini dilengkapi dengan, Sulaman Kaleng Kang bermotif Bunga Puteri Malu, Bunga Melati dan Bunga Berantai, dimana bunga-bunga ini banyak tumbuh di halaman Kesultanan Kadriyah.

"Bunga-bunga tersebut melambangkan kesopanan, kesucian dan kekeluargaan.," jelasnya.

Kemudian busana ini terdiri dari, celana panjang yang longar, blouse dan outer dengan model kaftan (baju panjang) dilengkapi kerudung penutup kepala.

Baca: Buka Turnamen PUGB se-Kalbar, Bupati Sintang: Terus Berprestasi, Ingat Waktu, Ingat Ibadah!

Baca: Dewan Sanggau Harap Masyarakat Tak Buat Bangunan Dibantaran Sungai

Baca: Hari Ini, PLN akan Lakukan Pemadaman di Sebagian Besar Wilayah Sukadana

Busana ini ditampilkan dengan warna merah muda (baby pink) dengan sulaman Kelengkeng berwarna silver dilengkapi dengan asesoris yaitu mahkota, rumbai (jurai), gelang merah di lengan gelang di tangan dan pending di pinggang.

Dengan perjalanan waktu dan perkembangan zaman, masa busana ini digunakan sebagai busana pengantin Pontianak.

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved