Cegah Karhutbunla Agrolestari Mandiri-Bumitama Gunajaya Agro Lakukan MoU

PT Agrolestari Mandiri dan PT Bumitama Gunajaya Agro melakukan penandatanganan MoU kerjasama dalam rangka Pencegahan

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Cegah Karhutbunla Agrolestari Mandiri-Bumitama Gunajaya Agro Lakukan MoU 

Cegah Karhutbunla Agrolestari Mandiri-Bumitama Gunajaya Agro Lakukan MoU

PONTIANAK - PT Agrolestari Mandiri dan PT Bumitama Gunajaya Agro melakukan penandatanganan MoU kerjasama dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (karhutbunla) yang diprakarsai oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Kalbar, Jumat (26/7/2019).

Penandatangan dilakukan oleh Susanto selaku Direktur PT Agrolestari Mandiri dan Johan Sukardi selaku Direktur Utama PT Bumitama Gunajaya Agro , bertempat di kantor Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Kalbar.

PT Agrolestari Mandiri dan PT Bumitama Gunajaya Agro merupakan anggota GAPKI yang perusahaan perkebunan kelapa sawitnya beroperasi di kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Adapun kerjasama yang diatur dalam MoU tersebut meliputi kegiatan “PatroliTerpadu” pencegahan kebakaran hutan, kebun, dan lahan; kegiatan “Penyuluhan dan Sosialisasi” pencegahan kebakaran hutan, kebun, dan lahan; Koordinasi dan kegiatan “Pelatihan dan Pembinaan Lembaga Masyarakat Peduli Api (MPA) atau Masyarakat Siaga Api (MSA)” dengan melibatkan instansi terkait, kegiatan“Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Tanpa Membakar”, kegiatan “Berbagi Informasi Pemantauan Titik Panas dan Titik Api.

Dalam kegiatan tersebut Muklis Bentara Ketua GAPKI Cabang Kalbar menegaskan MOU atau kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk komitmen GAPKI Kalbar dalam kegiatan pencegahan dan penangan karhutbunla di kalbar.

"Ini juga sebagai pelopor untuk perusahaan anggota yang wilayah unit usahanya berdekatan dapat saling menjalin komunikasi dan berkoordinasi dalam Pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, kebun dan terjadi di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Ketapang," ujar Muklis Bentara.

Baca: Modifikasi Honda Tiger Jadi Bobber

Baca: Ditetapkan Sebagai Bendara PDIP Kalbar, Sujiwo Tak Hadiri Konferda

Baca: Sebagian Kader PDI Perjuangan Kalbar Protes Hasil Konferda

Susanto Direktur PT Agrolestari Mandiri menyampaikan melalui kegiatan pencegahan dan penanganan karhutbunla ingin mengajak peran serta aktif perusahaan pemegang izin usaha lokasi perkebunan khususnya anggota GAPKI Kalbar secara bersama sama mampu menjaga, dan mencegah wilayahnya dari bahaya kebakaran hutan, kebun, dan lahan di wilayah sekitar perusahaan.

"Bentuk konkrit upaya tersebut tertuang dalam MoU kerjasama," kata Susanto.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur PT Bumitama Gunajaya Agro, Johan Sukardi.

Upaya pencegahan kebakaran lahan harus dilakukan secara bersinergi ke depannya. Perusahaan dalam upaya pencegahan kebakaran lahan diyakini telah mempunyai program penanganan baik itu secara internal perusahaan maupun pelibatan masyarakat sekitar.

Dalam hal ini penandatanganan MoU adalah upaya pengendalian kebakaran lahan di desa yang berdekatan antar perusahaan anggota GAPKI.

Selain penanda tanganan MoU, dihari yang sama juga digelar Rapat Koordinasi anggota GAPKI Kalbar dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan dengan menghadirkan Kadisbun Provinsi Kalbar dan BPBD Provinsi Kalbar.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved