Pemerintah Sosialisasi Pidana Pemotongan Ternak Yang Melanggar Undang-undang

Diharapkan semua masyarakat paham, maka dari kami terus melakukan sosialisasi,"

Pemerintah Sosialisasi Pidana Pemotongan Ternak Yang Melanggar Undang-undang
TRIBUN PONTIANAK / FILE
Pemotongan hewan 

Pemerintah Sosialisasi Pidana Pemotongan Ternak Yang Melanggar Undang-undang

KAPUAS HULU - Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Kapuas Hulu, Maryatiningsih menyatakan kalau pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang sanksi pidana terhadap pemotongan ternak yang telah diatur dalam undang-undang.

"Regulasi tentang pemotongan atau penyembelihan ternak tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 jo Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (26/7/2019).

Maryatiningsih menjelaskan, pasal 18 ayat 4 undang-undang itu berbunyi setiap orang dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif.

Baca: Binua Salaas Gelar Adat Babuar, Ini Tujuannya

Baca: Kodam XII/Tpr Gelar Senam Bersama Sekaligus Sosialisasi Kurangi Sampah Plastik

"Jadi masyarakat harus tahu dengan aturan tersebut, jangan sampai terbentur dengan hukum, apalagi itu ada sanksi pidananya. Diharapkan semua masyarakat paham, maka dari kami terus melakukan sosialisasi," ucapnya.

Kemudian, dalam pasal 86 dijelaskan sanksi hukum bagi setiap orang yang menyembelih ternak ruminansia kecil produktif dengan pidana kurungan paling singkat satu bulan, dan paling lama enam bulan dengan denda paling sedikit Rp1 juta dan paling banyak Rp5 juta.

"Setiap orang yang menyembelih ternak ruminansia besar dipidana penjara paling singkat satu tahun paling lama tiga tahun dengan denda paling sedikit Rp100 juta dan paling banyak Rp300 juta. Jadi undang-undang tersebut sudah kami sosialisasikan ke sejumlah daerah di Kapuas Hulu," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved