Buka Seminar, Bupati Jarot Targetkan Sintang Layak Anak Tahun 2020

Karena sudah banyak program yang berbasis perlindungan dan pemenuhan akan hak anak di Sintang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Komunitas Peduli Anak Sintang (Kopas) bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar Seminar Kabupaten Layak Anak dalam rangka Hari Anak Nasional di Balai Ruai Kompleks Rumdis Bupati Sintang, Jumat (26/7/2019) pagi. 

Buka Seminar, Bupati Jarot Targetkan Sintang Layak Anak Tahun 2020

SINTANG- Komunitas Peduli Anak Sintang (Kopas) bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar Seminar Kabupaten Layak Anak dalam rangka Hari Anak Nasional di Balai Ruai Kompleks Rumdis Bupati Sintang, Jumat (26/7/2019) pagi.

Turut hadir dan membuka kegiatan, Bupati Sintang Jarot Winarno yang dalam sambutannya menyampaikan rasa optimisme Kabupaten Sintang akan mampu meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak pada Tahun 2020 nanti.

Baca: Raih Suara Tertinggi, PDI Perjuangan Kubu Raya dapat Ketua DPRD

Baca: VIDEO: Lari Saat Hendak Ditangkap, Polisi Tembak Pelaku Pencurian

"Karena sudah banyak program yang berbasis perlindungan dan pemenuhan akan hak anak di  Sintang. Kemudian banyak organisasi masyarakat sipil yang ikut bersama-sama Pemkab Sintang terus mendorong Kabupaten Sintang jadi Kabupaten Layak Anak,” ujarnya.

Menurut Jarot jika di level nasional ada istilah Idola 2030 yang artinya Indonesia Layak Anak yang ditargetkan 2030. Sementara di Sintang 2020 ditargetkan sudah bisa dapat predikat Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama.

Selain itu, Jarot berjanji akan mendorong pembentukan forum anak desa yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Sintang. Sehingga ke dapat upaya-upaya pemenuhan hak anak akan sampai di tingkat desa.

"Saya juga melihat ada banyak kelompok masyarakat sipil yang fokus kegiatan mereka pada persoalan anak. Artinya ada banyak pihak yang mendorong Kabupaten Sintang sebagai kabupaten layak anak," katanya.

Sehingga menurutnya yang diperlukan sekarang adalah sinergisitas antar stakeholder. Kemudian menagih komitmen dunia usaha dan perbankan untuk ikut membantu pembangunan fasilitas dalam kota untuk anak-anak.

Baca: Raih Suara Tertinggi, PDI Perjuangan Kubu Raya dapat Ketua DPRD

Baca: Sambangi Warga Binaan, Brigadir Enggry Sampaikan Imbauan Kamtibmas

"Seperti Bank Kalbar sudah membangun ruang terpadu ramah anak di Taman Bungur. Kita tunggu peran serta dunia usaha yang lain dalam bentuk coorporate social responsibility yang terarah dan terdata,” terang Bupati Jarot.

Jarot menegaskan bahwa Pemkab Sintang meletakkan kebutuhan anak sebagai hal yang mendasar. Oleh karena itu, ke depan dirinya juga ingin ada asosiasi perusahaan sahabat anak di Kabupaten Sintang.

"Saya mengajak semua elemen yang mendorong Sintang menjadi Kabupaten Layak Anak untuk lebih aktif dengan aksinya, sering kumpul dan kita data dengan baik apa saja yang sudah kita lakukan selama ini,” ajak Bupati Jarot.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved