Dr Taufik Angkat Soal Sinergisitas dan Kompetensi ASN di Diseminasi Walikota/Bupati Se-Kalbar

Lanjutnya mengatakan, kedepan akan mengembangkan Corporate University (CU) namun bukanlah sebuah universitas.

Dr Taufik Angkat Soal Sinergisitas dan Kompetensi ASN di Diseminasi Walikota/Bupati Se-Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA WULANDARI
Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI, Dr Taufik Menjadi Narasumber di Diseminasi Walikota/Bupati Se-Kalbar di Hotel Aston, Rabu (24/7/2019). 

Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI Jadi Narasumber di Diseminasi Walikota/Bupati Se-Kalbar

PONTIANAK - Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI, Dr Taufik menjadi Narasumber diacara Diseminasi bagi Bupati/Walikota se Kalimantan Barat dengan tema “Sinergitas Tata keloIa Pemerintahan melalui Optimalisasi Pengembangan Kompetensi dan lnovasi”, di Hotel Aston Pontianak, rabu (24/7/2019).

Dr Taufik menyampaikan sesuai dengan tema bersinergi.

Jadi di provinsi Kalbar ini perlu melakukan suatu sinergi dalam hal ini adalah sinergi pengembangan kompetensi SDM ASN yang mampu menghasilkan suatu dampak bagi visi misi pembangunan Kalbar di Kabupaten/kota di provinsi Kalbar.

Ia menegaskan bahwa ada perubahan paradigma pengembangan kompetensi yang dulunya hanya diartikan sebagai diklat sekarang lebih kepada proses yang disebut Organisasi pembelajaran (learning organization) dimana pembelajara harus bisa mendukung strategi organisasi artinya strategi dari pemerintah provinsi maupun kab/kota .

Baca: LPMP Kalimantan Barat Gelar Diseminasi Hasil Program Sekolah Model

Baca: Diseminasi Survei Kepuasan dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Polda Kalbar

Bagaimana kemudian kedepan masing-masing daerah memiliki inovasi dan terobosan yang di support oleh program pengembangan kompetensi .

"Tadi kita sampaikan bahwa dalam pengembangan kompetensi harus mampu menjabarkan dan mendukung terwujudnya prioritas didalam rencana strategi organisasi ," ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, kedepan akan mengembangkan Corporate University (CU) namun bukanlah sebuah universitas.

"Tapi cara kita mengembangkan kompetensi ASN yang sifatnya melalukan traning dan pembelajaran 90 persen ditempat kerja langsung di bawah binaan kepala daerah ," ujarnya.

Jadi hasil dari pembelajaran itu kemudian bisa dipilah orang mana yang siap untuk di promosikan, karena dia punya gagasan inovasi yang sifatnya mempunyai terobosan yang mendukung visi misi kepala daerah .

Baca: Diseminasi Program Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir, Katherine: Banyak Manfaatnya

Baca: Diseminasi Generasi Bebas Pungli dan Administrasi Ombudsman Kalbar, Tonton Videonya

"Kita sudah punya aturan tentang perturan LAN 10 2018 Tentang pengembangan kompetensi dan ini yang sedang kita tunggu adalah peraturan presiden dan corporite university dan sedang dibahas drafnya yang sekarang sudah jalan.m dan bagaimana kita mendorong dari pembelajaran yang sifatnya diklat harus terintegrasi dengan yang non diklat di tempat kerja dan harus ada keterlibatan atasan secara berjenjang untuk memastikan pembelajaran ini ada output nya seperti Program dan terobosan inovasi yang mendukung visi misi kepala daerah ," ujarnya.

Sebagai narasumber, ia mengatakan kegiatan diseminasi ini sangat bagus sekali karena langsung menjabarkan arahan presiden yang pertama adalah bahwa birokrasi ini harus bersifat kreatif inovatif.

Kedua, presiden menegaskan untuk investasi di bidang SDM dan apa yan disebut oleh presiden bahwa pemerintah sebagai satu kesatuan tidak terkotak-kotak dan harus supportif.

"Jadi pengembangan SDM ASN bisa dilakukan dengan diklat dan non diklat . Jadi nanti diklat ini dipilah sesuai ketersediaan anggaran dan prioritas untuk siapa orang yang di proyeksikan menjadi kader pimpinan kedepan . Sedangkan non diklat bagaimana pembelajaran ditempat kerja dalam artian mentoring, choaching dan seterusnya menjabarkan visi misi program strategis pemerintah daerah ," ujarnya.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved