Dissos Kota Pontianak Akan Verifikasi Penerima PBI JKN-KIS

pihaknya akan terus melakukan pendataan dan memutakhirkan data penerima PBI di Kota Pontianak.

Dissos Kota Pontianak Akan Verifikasi Penerima PBI JKN-KIS
BPJS 1701 

Dissos Kota Pontianak Akan Verifikasi Penerima PBI JKN-KIS

PONTIANAK - Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak Aswin menuturkan terdapat dua mekanisme yang dibuat pemerintah terkait kepesertaan BPJS dengan mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaringan Kesehatan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Pertama ada melalui dari APBN dari pemerintah pusat dan dari APBD yang bersumber dari Pemerintah Kota.

"Untuk dari dana APBN Pusat PBI di Kota Pontianak berjumlah 91.751 jiwa, dan APBD Kota berjumlah 18ribu jiwa dari total semuanya itu sudah ada 81 persen di antaranya Sudah terdaftar sebagia peserta jamiman kesehatan," ujarnya.

Ia juga menuturkan jika masyarakat dari penerima PBI tersebut sudah mampu dan tidak lagi masuk sebagai masyarakat tidak mampu, maka yang bersangkutan akan dikeluarkan dari PBI dan menjadi peserta mandiri.

Baca: VIDEO: Dissos Kota Pontianak Serahkan Bantuan Pelaku Usaha Ekonomi Produktif

Baca: Badan Usaha Serahkan Bantuan CSR Melalui Program Donasi JKN-KIS

Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan pendataan dan memutakhirkan data penerima PBI di Kota Pontianak. Termasuk jika memang terdapat data penduduk tidak mampu yang belum termasuk dalam kelompok penerima PBI.

"Sesuai mekanisme paling tidak yang bersangkutan harus punya kartu penduduk, NIK nya benar, dan ada surat keterangan dari lurah yang menyatakan bahwa penduduk tersebut tidak mampu," ujarnya.

Tak hanya berhenti di situ, Aswin mengatakan pihaknya juga akan melakukan kroscek data dan melakukan verifikasi faktual di lapangan dan ada 40 variabel dan harus diisi saat di lapangan.

"Kita akan turun kelapangan dan cek. Untuk memastikan bahwa penduduk tersebut layak menerima PBI," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved