Polres Ketapang Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2019

Ada juga upaya Preventif antara lain dengan melakukan patroli bersama, patroli udara

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas 2019 yang diselenggarakan di halaman Mapolres Ketapang, Rabu (24/07/2019). 

Polres Ketapang Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2019

KETAPANG - Polres Ketapang mengadakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas 2019 yang diselenggarakan di halaman Mapolres Ketapang. Rabu (24/07/2019).

Pada kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 400 peserta yang terdiri dari unsur TNI, Damkar, Manggala Agni, pihak Perusahaan dan dari pihak kepolisian Polres Ketapang sendiri.

Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat dalam sambutannya mengatakan kalau pihaknya mengajak seluruh peran aktif dari berbagai pihak baik itu dari Pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya karhutla di tahun 2019 khususnya di wilayah Kabupaten Ketapang.

Baca: Mobil Pikap Bawa Sawit Kecelakaan, Ini Keterangan dari Polisi

Baca: Solidaridad Ingin Perkenalkan Komoditas Teh Asli Kalimantan Untuk Ditanam di Sintang

"Dampak yang ditimbulkan jika adanya kabut asap itu dapat merusak saraf otak, menghambat kecerdasan dan pertumbuhan anak, mengganggu aktifitas belajar anak disekolah, menimbulkan penyakit infeksi saluran pernapasan, menghambat transportasi penerbangan lalu lintas baik darat maupun laut dan yang pasti juga menghambat pertumbuhan ekonomi," papar Yury dalam sambutannya.

Untuk itu pihaknya akan melakukan beberapa upaya dalam penanggulangan Karhutla, antara lain melalui upaya Preemtif yaitu pemetaan titik hot spot, deteksi dini, melakukan imbauan dan melakukan sosialisasi kepada pihak perusahaan dan masyarakat.

"Ada juga upaya Preventif antara lain dengan melakukan patroli bersama, patroli udara, mendatangi TKP dan melakukan pemadaman bersama stakeholder lainnya serta mengajak masyarakat dan perusahaan guna mengantisipasi kebakaran," lanjutnya.

Menurut Yury pihaknya juga akan melakukan upaya Gakkum seperti mendatangi TKP, melakukan kegiatan lidik, sidik, saksi ahli, gelar perkara dan menyerahkan berkas, barang bukti dan tersangka ke jaksa penuntut umum.

Polres Ketapang sendiri akan menurunkan sebanyak 43 orang anggotanya pada Operasi Bina Karuna Kapuas 2019.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved