Nilai Perlu Sinergisitas Tangani Karhula, Kapolres Sekadau Nyatakan Siap Berikan Bantuan

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi yang ikut serta pada rakor Karhutla yang dilaksanakan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi 

Nilai Perlu Sinergisitas Tangani Karhula, Kapolres Sekadau Nyatakan Siap Berikan Bantuan

SEKADAU - Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi yang ikut serta pada rakor Karhutla yang dilaksanakan oleh pemda Sekadau menilai perlu Sinergitas dalam menanggulangi Karhutla di wilayah tersebut.

"Di lapangan TNI, Polri, Tanggal Agni harus berkolaborasi dalam rangka menyukseskan operasi ini. Bersamaan dengan pemerintah pusat yang menurunkan TNI polri ke lokasi berlahan gambut, kami juga gelar operasi Karhutla selama 21 hari. Kegiatan Kami ini tujuannya sama dengan pemerintah daerah cuma jalannya beda-beda ini yang perlu di sinergikan," ujarnya, Rabu (24/7).

Kemudian yang tidak kalah penting menurut dia pada perencanaan operasi penanganan Karhutla ini.

"Terkait perencanaan juga perlu diperhatikan, gagal dalam perencanaan maka merencanakan kegagalan. Maka perlu perencanaan yang baik dan kita back up alat dan dukungan personil," lanjutnya.

Ia juga mengatakan tugas saat ini lebih pada mencegah dan perlu solusi jangka panjang dari pemerintah. Namun ia menilai masih ada ketidaksesuaian peraturan dalam penangan Karhutla tersebut.

"Walau diakomodir oleh UU Lingkungan Hidup dilarang membuka lahan dengan cara membakar pada ayat satunya. Selanjutnya diayat dua boleh membakar dengan nilai-nilai kearifan lokal dibatasi 2 hektar per KK dan tidak dalam musim kemarau, ini artinya kontradiktif, maka perlu peran pemerintah daerah dalam mengawasi ini," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved