Hilaria Yusnani: Proses Penyusunan APBD Kompleks

akuntansi dan pelaporannya berorientasi kepada kepentingan publik, pertumbuhan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja

Hilaria Yusnani: Proses Penyusunan APBD Kompleks
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani. 

Hilaria Yusnani: Proses Penyusunan APBD Kompleks

KAYONG UTARA - Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani mengatakan, tanpa adanya APBD yang baik dan berkualitas, tidak akan ada dasar pembiayaan untuk melaksanakan pelayanan publik, kesejahteraan sosial, pengelolaan sumber daya daerah, dan pemberdayaan masyarakat.

Hal itu disampaikan Hilaria saat membuka sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020 di Hotel Mahkota Kayong Sukadana, Selasa, (23/7/2019).

"Harus kita sadari bahwa proses penyusunan APBD bersifat komplek, karena selain menggunakan pendekatan teknokratis juga Politis. Akan banyak kepentingan berbagai pihak didalam penyusunan APBD," kata Hilaria dalam siaran pers Humas Setda Kayong Utara.

Baca: Gudang Kayu Olahan di Depan Armed 16 Ngabang Kebakaran

Baca: Tagana Siap Tanggulangi Karhutla di Kapuas Hulu

Menurut Hilaria, indikator utama untuk mengukur kualitas pengelolaan keuangan daerah adalah ketepatan penyelesaian APBD, tingginya penyerapan, ketepatan penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), dan kualitas opini pemeriksaan BPK.

"Saya berpendapat, dengan berbagai regulasi yang ada, pengelolaan keuangan daerah dimaksudkan agar sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah mulai dari penyusunan dan perencanaan anggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, akuntansi dan pelaporannya berorientasi kepada kepentingan publik, pertumbuhan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja," jelas Hilaria.

Pedoman penyusunan APBD, kata Hilaria, menjadi mutlak karena merupakan koridor yang harus menjadi acuan dan dipatuhi semua pihak yang terlibat dalam penyusunan APBD.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved