Disdik Kota Pontianak Gunakan DAK untuk Bangun dan Rehab WC di Sekolah

Plt Kepala Disdik Kota Pontianak Syahdan menjelaskan tidak ada mata anggaran secara spesifik

Disdik Kota Pontianak Gunakan DAK untuk Bangun dan Rehab WC di Sekolah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Syahdan Aziz, saat ditemui diruang kerjanya. 

Disdik Kota Pontianak Gunakan DAK untuk Bangun dan Rehab WC di Sekolah

PONTIANAK - Plt Kepala Disdik Kota Pontianak Syahdan menjelaskan tidak ada mata anggaran secara spesifik yang dikucurkan ke sekolah untuk pembangunan toilet atau WC. Akan tetapi jika ada pembangunan atau rehab ruang kelas akan disertakan juga pembangunan WC.

"Kalau dari APBD memang tidak ada secara khusus untuk pembangunan WC di sekolah. Akan tetapi kalau dari DAK yang bersumber dari APBN ada anggaran khusus untuk pembangunan dan rehab WC di sekolah," ujarnya.

Ia menerangkan sudah banyak sekolah-sekolah yang langsung mendapatkan bantuan dari DAK untuk pembangunan dan rehab WC berdasarkan laporan dapodik yang di entry oleh operator di sekolah.

"Nantinya Pemerintah pusat lah yang akan menentukan mana saja sekolah yang mendapatkan bantuan DAK. Kita hanya sebatas mengusulkan. Ada yang rehab dan bangun baru," ujarnya.

Ia juga menuturkan kondisi WC di SD yang dinilai tidak representatif pada tahun ini akan mulai diperbaiki.

"Insya Allah melalui DAK akan segera kita bangunkan. begitu juga pada SDN 42 ampera ada pembangunan mengunakan DAK pada tahun ini," ujarnya.

Sementara untuk SDN 03 Pontianak Selatan tidak masuk dalam kelompok sekolah penerima DAK untuk membangun dan rehab WC karena persoalan data dapodik.

Lebih lanjut Syahdan mengatakan disdik secara intens juga sering menjalin komunikasi dengan pihak sekolah dan pengawas untuk memperhatikan kebersihan dan mewujudkan WC yang bersih dan sehat.

"Kita sering sampaikan kepada pihak sekolah untuk memperhatikan aspek kebersihan WC di sekolah," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved