Afron Harapkan Satgas Karhutla Kalbar dapat Berbaur dengan Masyarakat

"Supaya pendekatannya kemasyarakat semakin baik dan ada kebersamaannya," katanya.

Afron Harapkan Satgas Karhutla Kalbar dapat Berbaur dengan Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Persiapan apel gabungan Siaga Darurat Pencegahan dan Pemadaman Karhutla di Halaman Kantor Gubernur Kalbar. Selasa (23/7/2019). 

Afron Harapkan Satgas Karhutla Kalbar dapat Berbaur dengan Masyarakat

SEKADAU - Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Afronius Akim Sehan mengatakan, Rakor Penanganan Karhutla dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi dampak kabut asap yang dapat membahayakan masyarakat.

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, menurutnya untuk menggerakan seluruh jajaran di pemerintah Kabupaten Sekadau dan masyarakata agar bersama-sama mengurangi kabut asap.

"Pada 2015 jumlah hotspot di Kabupaten Sekadau sebanyak 249, 2016 sebanyak 182 hotspot, 2017 sebanyak 87 hotspot, angka tersebut naik pada 2018 dengan jumlah 212 hot spot. Ini menjadi perhatian kita pada rakor kali ini," ujarnya. 

Afron mengatakan, adapun desa fokus yang ditangani Satgas Karhutla Kalbar yaitu di Desa Sungai Kunyit, Landau Kodah, Sungai Ayak I dan Entabuk. 

Baca: Pemda Sekadau Gelar Rakor Penanganan Karhutla

Baca: Kepala BPBD Kalbar Sebut Wilayah Kubu Raya Jadi Atensi Utama Kasus Karhutla

Baca: Kubu Raya Sumbang Wilayah Rawan Karhutla Terbanyak di Kalbar

"Kami berharap, tim dapat membaur dengan masyarakat dan sedapat mungkin ditempatkan di rumah masyarakat. Supaya pendekatannya kemasyarakat semakin baik dan ada kebersamaannya," katanya.

Ia mengatakan, adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya menetapkan status siaga darurat, membentuk komando satgas siaga darurat penanganan bencana asap akibat karhutla. Kegiatan lainnya, diantaranya melaksanakan sosialisasi, melaksanakan pelatihan.

"Selain itu, melaksanakan patroli bersama tim gabungan, monitoring dan berkoordinasi dengan pihak-pihak berkompeten untuk pencegahan, penanganan dan pengendalian bencana karhutla," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved