TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Bearded Dragon, Komunitas Pecinta Reptil Unik dan Langka di Kota Pontianak

Sebagai komunitas baru di Kota Pontianak, Bearded Dragon merupakan komunitas reptil unik dan langka yang bisa kamu temukan.

TRIBUNWIKI: Bearded Dragon, Komunitas Pecinta Reptil Unik dan Langka di Kota Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/Maudy Astri Utami
Bearded Dragon, Komunitas Reptil Unik di Kota Pontianak 

TRIBUNWIKI: Bearded Dragon, Komunitas Pecinta Reptil Unik dan Langka di Kota Pontianak

PONTIANAK - Sebagai komunitas baru di Kota Pontianak, Bearded Dragon merupakan komunitas reptil unik dan langka di Kota Pontianak

Kehadirannya di Kota Pontianak terhitung dari awal tahun 2019. Ketua komunitas Harlich Surya Thedy mengaku, penggemar hewan reptil ini masih sangat sedikit di Kota Pontianak.

Bahkan sampai sekarang komunitas mereka masih bisa terhitung beberapa orang saja. Hal ini dikarenakan hewan tersebut berasal dari Australia (hewan gurun) dan pengembangbiakan hanya ada di pulau Jawa.

Bearded Dragon ini merupakanbjenis hewan reptil yang aman untuk di pelihara. Walaupun memiliki kuku tajam seperti reptil lainnya, namun jenis Bearded Dragon ini tidak bahaya sama sekali.

Dalam peliharaannya, hewan ini termasuk "susah-susah gampang". Dikatakan oleh ketua komunitas nya, bahwa hewan satu ini harus sering dijemur dan diletakkan dalam kandang yang hangat.

Baca: TRIBUNWIKI: Layani Pengaduan, Ini Service Center Pejabat PPID Pemkab Mempawah

Baca: TRIBUNWIKI: Ini Jadwal Trayek Bus DAMRI Putussibau-Pontianak

Mengingat bahwa hewan tersebut memang berasal dari gurun. Nah untuk lebih mengenalnya, Tribun akan menjelaskan sebenarnya apa sih Bearded Dragon tersebut.

Bearded Dragon adalah jenis kadal asal Australia yang memiliki nama ilmiah Pagona yang bergenus reptil yang tercatat dengan mengandung sembilan spesies kadal yang sudah menurut beberapa sumber.

Sering kali Bearded  Dragon dikenal dengan nama si “Naga Berjenggot” yang lebih mengacu pada “Jenggot” Naga tersebut. Yang dikarenakan pada bagian bawah tenggorokan Bearded Dragon dapat berubah menjadi warna hitam jika mereka mendapatkan tekanan atau ancaman serta saat melihat saingan yang berpotensial.

"Hewan ini memiliki keahlian dalam mendaki. Sering sekali menghabiskan waktu di setiap cabang-cabang, rerantingan dan berbagai semak semak di Australia. Sering kali mereka berjemur di bebatuan hangat, dan habitan dari pagona ini dapat kita temuka di gurun, semak belukar dan berbagai kayu di hutan Australia," ujar Harlich.

Baca: VIDEO: Liga 2 LIVE SCORE Perserang Vs PSCS, Persibat Vs BaBel United & Cilegon United Vs PSGC

Baca: TRIBUNWIKI: 9 Rekomendasi Tempat Futsal di Kota Pontianak

Lanjutnya, alasan kenapa komunitas ini ada dan sering dijadikan peliharaan dikarenakan Bearded Dragon ini sangat mudah sekali dirawat dan pelihara ketimbang dengan reptile eksotis lainnya. Bearded Dragon atau pagona ini adalah salah satu reptile atau kadal terjinak di dunia.

Selain itu,  jenis makanan yang paling sering di konsumsi hewan ini seperti jangkrik, ulat ulat kecil dan berbagai serangga. Adapun untuk jenis Bearded Dragon dewasa juga dapat mengkonsumsi tikus kecil seperti pingkes (anak tikus yang baru berusia satu sampai dua hari). Dan untuk jenis sayuran dan buah-buahan yang sering di konsumsi oleh pagona adalah berupa tomat, pisang, sayur selada, wortel, jeruk manis, papaya dan lain lain.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved