Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Legislatif di Kapuas Hulu Ditunda, Hal Ini Jadi Penyebabnya

penundaan rapat pleno terbuka tersebut, bukan hanya terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu saja, tapi seluruh Kalbar

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Legislatif di Kapuas Hulu Ditunda, Hal Ini Jadi Penyebabnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kapuas Hulu, yang tertunda, di Ruangan Rapat Sidang Paripurna DPRD Kapuas Hulu, Senin (22/7/2019) malam. 

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Legislatif di Kapuas Hulu Ditunda, Hal Ini Jadi Penyebabnya

KAPUAS HULU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Ahmad Yani menyatakan, ditundanya rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kapuas Hulu (Legislatif), hasil Pemilu tahun 2019 karena masih menunggu keputusan sengketa Pemilu di MK.

"Penundaan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kapuas Hulu, menunggu hasil keputusan sengketa Pemilu di MK (Mahkamah Konstitusi), dengan batas waktu yang tidak ditentukan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Ahmad Yani menjelaskan, apabila sudah ada keputusan sengketa Pemilu di MK, dalam jangka satu Minggu keputusannya barulah akan dilaksanakan rapat pleno terbuka tersebut.

Baca: VIDEO: KPU Tunda Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Anggota DPRD Kapuas Hulu

Baca: KPU Kapuas Hulu Rapat Pleno Penetapan Calon Legislatif Malam Ini, Berikut Daftar Namanya

"Kalau sudah ada keputusan dari MK, pasti akan ada undangan kembali untuk rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kapuas Hulu, setelah satu Minggu keputusan dari MK," ucapnya.

Menurutnya, penundaan rapat pleno terbuka tersebut, bukan hanya terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu saja, tapi seluruh Kalbar.

Karena yang bersengketa adalah Pemilu legislatif ditingkat Pusat (DPR RI). 

"Jadi dapil Kalbar juga termasuk wilayah yang terkena sengketa Pemilu tahun 2019 kemarin. Inilah menjadi alasan mengapa rapat pleno terbuka ditunda, sebab harus menunggu keputusan sengketa Pemilu tingkat Pusat," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved