DAD Sekadau Siap Gelar Gawai Dayak ke X, Catat Tanggalnya

Diakui olehnya Gawai Dayak di Sekadau ini sebagai puncak dari beberapa gawai dayak di tingkat desa di Sekadau.

DAD Sekadau Siap Gelar Gawai Dayak ke X, Catat Tanggalnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Welberyus Willy dan Ketua Panitia Gawai Dayak ke X Sekadau, Yohanes Anes pastikan Gawai Dayak ke X akan di mulai 29 Juli Mendatang.   

DAD Sekadau Siap Gelar Gawai Dayak ke X, Catat Tanggalnya

SEKADAU - Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau akan dilaksanakan 29 Juli–3 Agustus mendatang. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya itu dipusatkan di Betang Youth Center, Jalan Panglima Naga Sekadau.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau, Welbertus Willy menuturkan, DAD memberikan mandat kepada panitia untuk melaksanakan gawai dayak X. 

"Ini rutin dan sudah ke sepuluh artinya sudah berpengalaman  dalam menggelar kegiatan ini. Gawai dayak merupakan ucapan syukur setelah panen jadi setiap tahun masyatajat dayak melaksanakan gawai dayak," ujarnya, Selasa (23/7/2019).

Baca: Panitia Gawai Dayak Audiensi ke Polres Sekadau, Ini Yang Dibicarakan

Baca: Sedang Berlangsung LIVE STREAMING PSMS Vs Persita Big Match Liga 2 2019, Skor Babak Pertama 0-0

Diakui olehnya Gawai Dayak di Sekadau ini sebagai puncak dari beberapa gawai dayak di tingkat desa di Sekadau.  

"Sebetulnya kegiatan gawai dayak di Kabupaten Sekadau ini dimulai di kampung-kampung sejak 1 Mei lalu dan bergulir setiap hari dan minggu dan ditutup di Kabupaten Sekadau ini," tuturnya. 

 Ia mengatakan, nantinya dalam pelaksanaannya juga dilakukan pemberkatan benih serta alat pertanian yang dipakai untuk berladang atau bersawah. 

"Pemberkatan dilakukan dengan harapan kedepan dalam melaksanakan pertanian ada rasa aman dan tentram karena disertai oleh Tuhan. Kemudian, makna gawai dayak setelah panen padi dan melakukan ucapan syukur, menyimpan padi ke jurong. Maka biasanya disebut sebagai naik jurong, jadi, padi yang didapat tahun ini disimpan di jurong," ungkapnya. 

Willy berharap, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, terutama disisi keamanan. Ia berharap, kegiatan tersebut sukses agar kegiatan gawai dayak bisa terlaksanakan sesuai dengan yang diharapkan.

"Nanti juga ada kompetisi didalam, seperti ada ajang bujang dara dan sebagainya, maka kami minta ajang ini kualitas ini ditingkatkan. Kemudian ada perlombaan lainnya, sehingga, kualitas SDM bisa semakin meningkat," tuturnya  

Ia menegaskan, gawai dayak bukan hanya untuk orang dayak, tetapi gawai dayak merupakan milik masyarakat Kabupaten Sekadau. Untuk itu, Willy mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama mensukseskan kegiatan tersebut.

"Kami berharap suku-suku lain untuk memeriahkan momen ini, kepada DAD Kecamatan kami berharap, partisipasinya dalam mengikuti event yang ada," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved