103 Pasien Penyandang Kusta di RSK Alverno Singkawang Dapat Penanganan Tim Katamataku

Mereka berhasil melakukan pemeriksaan dan pengobatan 103 pasien berasal dari daerah Singkawang, Sambas, Kubu Raya, Pontianak, Landak dan Bengkayang.

103 Pasien Penyandang Kusta di RSK Alverno Singkawang Dapat Penanganan Tim Katamataku
ISTIMEWA
Tim Katamataku melakukan bakti sosial di Rumah Sakit Kusta (RSK) Alverno Singkawang, Jalan Gn Sari, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Selasa (23/7/2019) 

103 Pasien Penyandang Kusta di RSK Alverno Singkawang Dapat Penanganan Tim Katamataku

SINGKAWANG - Direktur Rumah Sakit Kusta (RSK)  Alverno Singkawang dr Barita P Ompusunggu mengatakan pihaknya merasa bersyukur dengan adanya kepedulian dan bantuan dari berbagai pihak pada masyarakat penyandang kusta maupun eks penyandang kusta yang ada di Kota Singkawang khususnya dan Provinsi Kalimantan Barat pada umumnya.

Satu di antara kepedulian tersebut telah diberikan oleh Tim Katamataku yang melakukan bakti sosial di Rumah Sakit Kusta (RSK) Alverno Singkawang.

Mereka berhasil melakukan pemeriksaan dan pengobatan 103 pasien berasal dari daerah Singkawang, Sambas, Kubu Raya, Pontianak, Landak dan  Bengkayang.

Jumlah pasien yang berhasil diperiksa 103 orang dari 107 pasien yang mendaftar, 4 pasien tidak datang ketika waktu pemeriksaan dilaksanakan.

Baca: RSK Alverno Dinilai Bantu Warga Kalbar Penderita Kusta, Awang Ishak Ungkap Terima Kasihnya

Baca: Gubernur Hadiri Perayaan 100 Tahun RSK Alverno Singkawang

“Puji Tuhan Tim Katamataku dengan timnya sejumlah 30 orang yang terdiri dari spesialis kulit, mata dan rehabilitasi medik, datang melakukan pemeriksaan kelainan pada mata, kulit dan gangguan gerak/ mobilitas pada penderita kusta dan eks penderita," katanya, Selasa (23/7/2019).

Lebih lanjut Barita menjelaskan bahwa semua biaya sebagai akibat dari kegiatan sosial ditanggung oleh Tim Katamataku dan upaya ini sangat membantu para penyandang kusta tentunya.

Pihaknya maupun Pemerintah Daerah tidak mengeluarkan biaya terkait dengan kegiatan ini.

Baca: Renungan Tantri Kotak untuk Tempat Tersembunyi di Kota Singkawang! Posting Video Turis Cantik India

Baca: Melawan Saat Ditangkap, Polisi Tembak Tersangka Curas di Singkawang

Barita berharap tindakan yang telah dilakukan oleh Tim Katamataku dapat diikuti oleh pihak lain, mengingat penyandang kusta masih memerlukan perhatian dan kepedulian semua pihak.

Ia juga berharap ke depan semakin banyak yang memberikan kepedulian dan perhatian pada masyarakat penyandang kusta maupun eks penyandang.

"Terlebih pada eks penyandang kusta, jangan ada stigma dan diskriminasi pada mereka karena penyandang kusta yang sudah dinyatakan sembuh tidak akan menularkan penyakitnya pada orang lain” harap Barita.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved