Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Motivasi Ribuan Peserta Apel Siaga Pencegahan Karhutla

Peserta dari TNI dan Polri adalah anggota organik satuan-satuan setempat serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Motivasi Ribuan Peserta Apel Siaga Pencegahan Karhutla
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Dr Aqua saat bicara di acara Pembekalan Kesiapan Menghadapi Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 di hotel Aria Barito, Banjarmasin, Rabu (17/7) lalu. 

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Motivasi Ribuan Peserta Apel Siaga Pencegahan Karhutla

PONTIANAK - Di tengah jadwalnya yang super padat, pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Selasa pagi (23/7/19) akan memotivasi ribuan peserta Apel Siaga Darurat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kalimantan Barat di Kantor Gubernur Kalbar. Acaranya diawali dengan upacara yang dipimpin Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Selesai Apel di lapangan kantor Gubernur Kalbar seluruh peserta yang jumlahnya sekitar 1.512 orang masuk ke ruangan untuk mendapat pembekalan dan motivasi. Rincian pesertanya prajurit TNI 1.000 orang, Polri 205 orang), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar (102 orang), dan masyarakat 205 orang.

"Peserta dari TNI dan Polri adalah anggota organik satuan-satuan setempat serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mereka sehari-hari bertugas di Koramil dan Polsek. Sedangkan masyarakat adalah penduduk lokal dari daerah-daerah rawan Karhutla," jelas Ketua Panitia Apel Mayjen TNI Purn Amrin, Selasa.

Rencananya, lanjut Amrin, mereka akan dibagi dalam tim-tim kecil. Satu tim terdiri atas 15 orang.

Baca: Ditanya Progres Pembangunan Bandara, Ini Penjelasan Kadishub Kayong Utara

Baca: Prosedur Mengajukan SLIK di OJK

Mereka tinggal di rumah-rumah penduduk di daerah rawan Karhutla selama beberapa bulan.

Dr Aqua akan menyampaikan materi berjudul Mengintensifkan Komunikasi dengan Penduduk untuk Mencegah dan Menanggulangi Karhutla. Motivator internasional ini bakal berbagi ilmu dan pengalaman kiat-kiat Komunikasi agar seluruh Tim keberadaannya diterima warga dan dapat bersama-sama mencegah terjadinya Karhutla.

"Untuk kesuksesan melaksanakan tugas-tugas yang sangat mulia tersebut semua anggota Tim sebaiknya belajar dan mendalami Komunikasi Lintas Budaya. Dengan menguasai itu insya Allah mereka sukses bertugas dan keberadaannya diterima dengan baik dan menyenangkan oleh penduduk," tegas mantan wartawan di berbagai media ini.

Apresiasi Kepala BNPB
Aqua sangat mengapresiasi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo yang mengundang dirinya untuk sharing Komunikasi dan Motivasi dengan semua anggota Tim sebelum mereka diterjunkan ke masyarakat.

Itu menunjukkan bahwa Doni sangat paham kelancaran komunikasi dengan penduduk merupakan salah satu kunci sukses kegiatan Pencegahan dan Pemadaman Karhutla.

Dalam minggu ini selain di Pontianak, pada Kamis, 25 Juli 2019 Aqua akan sharing Komunikasi dan Motivasi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Senin, 29 Juli 2019 di Banjarmasin. Jumlah pesertanya sama dengan yang di Pontianak.

Selain Dr Aqua, akan memberi pembekalan ke Tim antara lain Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asaribab, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, dan Kepala BPBD Kalbar C Lomanu. (*)

Dr Aqua Dwipayana foto bersama
Dr Aqua Dwipayana foto bersama 
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved