Mobil Premium Q8 Jadi Bintang di Booth Audi, Harganya Rp 2,4 Miliar

Desain eksterior Audi Q8 menampilkan wajah baru dari keluarga SUV Q milik Audi.

Mobil Premium Q8 Jadi Bintang di Booth Audi, Harganya Rp 2,4 Miliar
TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
SUV Audi Q8 saat resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TANGERANG - PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia secara resmi meluncurkan SUV unggulannya, Audi Q8 di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada 18 – 28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang.

Produk terbaru Audi ini melengkapi jajaran produk-produk premium terbaik pabrikan asal Ingolstadt Jerman yang sebelumnya sudah dipasarkan di Tanah Air.

New Audi Q8 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 2,455 miliar (on –the-road) dan tersedia dalam 8 pilihan warna, yaitu Deep Black, Carrara White, Samuray Grey, Florest Silver, Dragon Orange, Argus Brown, Galaxy Blue dan Cobra Beige.

Selain Sang Bintang, Audi Q8, booth Audi menampilkan line-up andalannya seperti, Audi A3 Sportback, sedan Audi A4 serta SUV Audi Q5, Audi Q7 serta dilengkapi dengan mobil sport premium Audi RS 5.
 

“Audi Q8 dDijejali berbagai kelengkapan, sistem konektivitas yang canggih dan ketangguhan di medan off-road, mobil ini menjadi rekan yang tepat untuk berlibur maupun berbisnis sekalipun,” tukas Jonas Chendana, COO PT Garuda Mataram Motor, dalam keterangan pers Senin (22/7/2019). 

Meski menjadi pelengkap jajaran produk full-size Audi, namun dari sisi dimensi, dengan panjang 4,99 meter, lebar 2,00 meter dan tinggi 1,71 meter, Q8 memang lebih lebar, lebih panjang dan lebih pendek jika dibandingkan Audi Q7.

Namun dengan jarak sumbu roda yang hampir mencapai 3,00 meter, hal ini menyuguhkan keleluasaan di dalam kabin yang menjadi keunggulannya, bahkan jika dibandingkan kompetitor di kelasnya.

Desain eksterior Audi Q8 menampilkan wajah baru dari keluarga SUV Q milik Audi.

Sosok singleframe grille berbentuk oktagonal di bagian depan kini tampil dengan bingkai lebih tegas, menunjukkan kesan yang mewah sekaligus mempertegas nilai sporty yang diusungnya. Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar-D yang tampil kokoh untuk menegaskan kemampuan hebatnya sebagai sebuah SUV.

Di dalam kabin Q8 menyuguhkan desain interior yang tampil bersih dan sederhana menjadi konsep interior premium terbaru khas Audi. Tampilan panel berwarna hitam bahkan hampir tampak seperti sebuah permukaan yang gelap saat mobil dimatikan. Bagi Audi, interior Q8 yang tampil bersih dan sederhana menjadi pengganti tampilan rumit untuk menggambarkan kecanggihan teknologi.

Sistem kendali terpusat MMI yang dimiliki Q8 dapat diakses melalui dua layar utama di tengah-tengah dashboard. Yang pertama adalah layar utama berukuran 10,1 inci untuk kendali infotainment dan navigasi yang dilengkapi dengan tampilan 3D view camera dan layar kedua adalah layar 8,6 inci di bawahnya yang digunakan untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi-fungsi kenyamanan dan input tulisan.

Di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi bagi sang pengemudi.

Di balik kap mesin Q8, Audi memilih jantung pacu V6 bensin 3,0 liter yang dapat menghasilkan tenaga puncak 340 hp dan torsi hingga 500 Nm. Berpadu transmisi otomatis 8-speed Tiptronic, SUV ini dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam. Performa terbaik Q8 ini juga dipadukan dengan efisiensi bahan bakar berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid (MHEV) terbaru sebagai fitur standard.

Teknologi ini mengintegrasikan baterai lithium-ion dan belt alternator starter(BAS) menjadi sistem kelistrikan utama 48-volt. Teknologi ini memungkinkan Q8 untuk menjelajah di antara kecepatan 55 – 160 km/jam dengan kondisi mesin mati, hingga saatnya BAS akan menyalakan kembali mesinnya dengan cepat dan sangat lembut. Saat berdeselerasi BAS dapat mengumpulkan kembali energi hingga 12kW, hasilnya teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Ground clearance yang mencapai 254 mm, overhang pendek dan hill descent control menjadikan Q8 dapat menjelajah kemana saja meski lapisan jalan beraspal telah habis. Suspensinya juga telah mengadaptasi damper control.

Reporter: Eldo Christoffel Rafael 

Editor: Arief
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved