Kapolres Sintang Pastikan Ada Sanksi Pidana Bagi Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

Jika menimbulkan dampak yang luas maka akan ada sanksi tegas, mulai dari sanksi pidana sampai dengan denda yang cukup besar.

Kapolres Sintang Pastikan Ada Sanksi Pidana Bagi Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi 

Kapolres Sintang Pastikan Ada Sanksi Pidana Bagi Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

SINTANG - Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi memberikan atensi terhadap pencegahan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dilakukan oleh masyarakat secara sengaja, mengingat saat ini sudah memasuki puncak musim kemarau.

"Karena musim kemarau ini panasnya luar biasa, mungkin bisa mencapai 40 derajat, ini gampang sekali untuk terbakar lahan dan hutan. Apalagi dilakukan secara sengaja untuk kepentingan pribadi," ujarnya, Senin (22/7/2019) pagi.

Lanjut Kapolres bahwa sejak jauh-jauh hari, baik pihak Kepolisian, TNI, Manggala Agni, dan BPBD telah melakukan upaya sosialisasi agar tidak ada lagi masyarakat yang secara sengaja membakar lahan untuk membuka lahan pertanian.

Baca: Dewan Minta Masyarakat Ikut Awasi Proses Pembangunan di Kabupaten Sintang

Baca: Kapolres Sintang Tegaskan Satgas Saber Pungli Punya Wewenang dalam Tugas

"Kemarin sudah ada terjadi lagi bahkan di Sintang Kota, bukan karena Matahari, di situ ada tokai ada korek, berarti kan sengaja dibakar. Tolong ini tidak kita harapkan terjadi, karena dampaknya luas, sesak nafas dan lainnya," terangnya.

Kapolres menegaskan bahwa bagi siapa saja yang secara sengaja membakar lahan dan akhirnya menimbulkan dampak yang luas maka akan ada sanksi tegas, mulai dari sanksi pidana sampai dengan denda yang cukup besar.

"Pembakaran lahan termasuk kategori melanggar hukum dan ada sanksi pidana serta dendanya. Apalagi pembakaran yang dilakukan akhirnya menimbulkan kebakaran yang meluas sehingga berdampak kabut asap tebal," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved