Burhan Yakin Program Inovasi Desa Mampu Dongkrak Pembangunan Daerah di Kabupaten Mempawah

"Ada lima hal penting yang kita bahas dalam rapat koordinaai yang kita gelar bersama Tim Inovasi Desa di Anjongan kemarin," ujarnya

Burhan Yakin Program Inovasi Desa Mampu Dongkrak Pembangunan Daerah di Kabupaten Mempawah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YA' M NURUL ANSHORY
Rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) di Aula BPLP Kecamatan Anjongan, Kamis (18/7/2019). 

Burhan Yakin Program Inovasi Desa Mampu Dongkrak Pembangunan Daerah di Mempawah

MEMPAWAH - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PPPAPMPD), Burhan, mengatakan rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kabupaten Mempawah menjadi hal yang penting dan strategis untuk mengoptimalisasikan program inovasi desa dalam pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan dan perencanaan prioritas dana desa.

"Ada lima hal penting yang kita bahas dalam rapat koordinaai yang kita gelar bersama Tim Inovasi Desa di Anjongan kemarin, mulai dari pengelolaan dana desa, terkait perencanaan san pengelolaannya, hingga pelaksanaanya," ujarnya, Minggu (21/7/2019).

Lebih rinci Burhan menjelaskan, pertama rakor TIK betujuan meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif.

Baca: Bupati Erlina Harap Program Inovasi Desa Mampu Tingkatkan Pemanfaatan Dana Desa

Baca: Semarak HUT RI ke-74 di Mempawah Akan Ada Pawai Budaya, Mempawah Expo dan Artis Ibukota

Kedua, meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara lebih inovatif dan berkualitas.

Ketiga memfasilitasi peningkatan kapasitas desa melalui layanan jasa P2KTD untuk mewujudkan replikasi atau adopsi kegiatan inovasi desa.

Keempat, meningkatkan kapasitas kelembagaan kader pemberdayaan masyarakat desa dan kader pemberdayaan manusia dalam rangka pemenuhan kebutuhan layanan sosial dasar masyarakat desa.

Baca: Aksi Kapolsek Mempawah Hulu Ikut Turun Tangan Padamkan Karhutla

Baca: Trend Kasus Korupsi Dana Desa Meningkat dari Tahun ke Tahun

Ke lima, merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan program inovasi desa.

"Itu semua sudah kita bahas dalam rakor Tim Inovasi Kabupaten di Aula BPLP Kecamatan Anjongan Kamis (18/7) kemarin, saat itu ada sekitar 50 orang peserta hadir, terdiri dari Camat se Kabupaten Mempawah, Tim Inovasi Kabupaten, Tim Inovasi Desa, Tenaga Ahli Kabupaten (TAPM), Kordinator Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, dan mereka semua sudah sinergi," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved