Akhir Tahun 2019, Ada 50 Desa Gelar Pilkades Serentak di Landak

Sebanyak 50 desa dari delapan Kecamatan di Kabupaten Landak siap menggelar Pemilihan Kepala Desa

Akhir Tahun 2019, Ada 50 Desa Gelar Pilkades Serentak di Landak
TRIBUNPONTIANAK/RIVALDI ADE MUSLIADI
ilustrasi-Bupati Sekadau Rupinus juga tidak ketinggalan memberikan hak suara nya pada Pilkades serentak ini. 

Akhir Tahun 2019, Ada 50 Desa Gelar Pilkades Serentak di Landak

LANDAK - Sebanyak 50 desa dari delapan Kecamatan di Kabupaten Landak siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada tahun 2019 ini.

Ke 50 desa itu tersebar di delapan Kecamatan, yakni Kecamatan Ngabang 14 desa, Menjalin tiga desa, Sebangki dua desa, Menyuke satu desa, Mempawah Hulu lima desa, Mandor empat desa, Sengah Temila 10 desa dan Kecamatan Jelimpo 11 desa.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Landak, Hermanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Pilkades itu.

Baca: Antisipasi Karhutla, Kapolres Landak Siagakan Peralatan Padamkan Api

Baca: Kapolres Landak Bersama Ketua Bhayangkari Berikan Bantuan di Ponpes Al-Muslimun

Baca: HASIL Real Madrid Vs Bayern Munchen di ICC 2019, Los Galacticos Dipecundangi 3-1

"Langkah awal pertama kita menyiapkan administrasi, seperti regulasi, aturan-aturan yang dimulai dari Perda, Perbup sampai SK Bupati terkait pelaksanaan Pilkades nanti. Kemudian, sampai juga kepada tata tertib pelaksanaan Pilkades itu sendiri," ujar Hermanto belum lama ini.

Dikatakannya, direncanakan tahapan pelaksanaan Pilkades serentak akan dimulai pada 2 September mendatang atau kurang lebih sampai sekitar empat bulan tahapannya.

"Jadwal awal, mudah-mudahan tidak ada kendala apa-apa, pencoblosan Pilkades serentak di Landak akan dilaksanakan pada November 2019 ini," katanya.

Paling banyak desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak ini memang berada di Kecamatan Ngabang sebanyak 14 desa dari 19 desa yang ada.

Dia menerangkan, pelaksanaan Pilkades serentak di Landak memang harus dilakukan pada tahun 2019 ini. Sebab, tahun 2020 nanti akan dilakukan pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

"Pemilihan BPD itu akan dilakukan secara serentak di 156 desa yang ada di Landak," katanya.

Halaman
123
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved