95 Wanita Tani Mentonyek Antusias Ikuti Pelatihan Tata Rias dari Bank Indonesia

Misalnya, ada anggota KWT yang jago dalam hal make up atau membuat sanggul, maka tidak menutup kemungkinan ini menjadi peluang usaha.

95 Wanita Tani Mentonyek Antusias Ikuti Pelatihan Tata Rias dari Bank Indonesia
TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Puluhan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Mentonyek tampak antusias menyimak cara berdandan yang diajarkan tenaga pelatih di Balai Desa Mentonyek Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak Jumat (19/7/2019). Peltihan ini diberikan oleh Bank Indonesia untuk menambah keterampilan para petani perempuan tersebut. 

95 Wanita Tani Mentonyek Antusias Ikuti Pelatihan Tata Rias dari Bank Indonesia

LANDAK - Sembilan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Mentonyek mengikuti pelatihan keterampilan wanita yang diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, di Balai Desa Mentonyek, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Jumat (19/7/2019).

Sekitar 95 petani perempuan ini begitu antusias menyimak cara berhias diri untuk pergi undangan atau pun berdandan untuk acara biasa. Selain itu, mereka diberikan pelatihan bagaimana membuat sanggul.

Baca: Sukses Kembangkan Mocaf, Bank Indonesia Latih Wanita Tani Bikin Panganan Olahan

Baca: Pengembangan Ubi Mocaf oleh BI dan Kelompok Tani di Desa Mentoyek Akan Panen Perdana

Ketua KWT Yuliana Cory menyebutkan bahwa keterampilan berdandan atau berhias diri sangat dibutuhkan anggota KWT.

"Di sini biasanya kegiatan di gereja yang banyak dilaksanakan. Sehingga anggota KWT harus pergi ke salon. Begitu pula jika para anak-anak mereka yang akan ikut lomba harus berdandan atau membuat sanggul di salon. Tentu saja biayanya mahal, akan lebih baik jika ibu-ibu bisa melakukan sendiri," jelasnya.

KWT Bunga Pulai, Natalia, menuturkan rasa senangnya bisa ikut pelatihan tersebut. Karena berdandan sangat identik dengan perempuan.

"Masalahnya di alis, saya kurang pandai merapikannya. Ternyata ada cara saat merapikan, ada tekniknya," ujarnya.

Anggota KWT Baras Baru, Lina, tak kalah antusias saat praktek make up dilakukan. Ibu tiga anak ini memilih duduk dijalur depan agar paham.

"Senang sekali ada pelatihan begini. Selama ini jarang ada, kalau pun kumpul-kumpul biasanya terkait pertanian," katanya.

Kasi Distribusi dan Harga Pangan Dinas Pangan,Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, Lilis Silvia, menuturkan Desa Mentonyek sudah diperhatikan oleh dinas sejak beberapa tahun silam. Terutama KWT yang ada di sana yang beberapa sangat aktif.

Halaman
12
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved