Syukuri Apa Yang Ada, JKN-KIS Adalah Anugerah

Namun, merupakan suatu musibah jika mereka harus mencari uang lebih untuk biaya pengobatan pada saat sakit tanpa adanya kartu JKN-KIS.

Syukuri Apa Yang Ada, JKN-KIS Adalah Anugerah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Peserta PBI APBN, Suryanah 

Syukuri Apa Yang Ada, JKN-KIS Adalah Anugerah

SINTANG -  Bagi masyarakat yang tidak mampu dengan keterbatasan ekonomi, sakit merupakan sebuah musibah yang begitu dirasakan oleh mereka.

Dimana, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari saja merupakan sesuatu yang harus dengan susah payah mereka perjuangkan.

Seperti Suryanah (37), peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat sejak tahun 2015 sekaligus seorang Ibu rumah tangga yang hidup rukun bersama suami dan kedua anaknya di Kelurahan Ladang Kabupaten Sintang ini harus membanting tulang bersama suami dengan hasil yang tidak seberapa dari menjaring ikan di sungai yang kemudian hasilnya pun dijual kembali serta beberapa kerja sampingan lainnya demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya biasanya setiap pagi itu membantu suami mengangkat jaring ikan disungai, kemudian hasilnya kami jual kembali kepada orang, terkadang juga saya mendapat hasil dari upah cuci pakaian orang lain. itulah sumber penghasilan untuk kehidupan kami sehari-hari mas,” ungkap Suryanah.

Baca: Utamakan Pencegahan, GOJEK Berikan Edukasi Anti Kekerasan untuk Keamanan Pengguna dan Mitra

Baca: Ini Lima Apartemen Mewah Termahal di Jakarta, Harganya Hingga Rp 150 Juta per Meter

Menurut pengakuan Suryanah, dirinya dan keluarga mensyukuri dan tidak mengeluh atas penghasilan yang didapatkan.

Namun, merupakan suatu musibah jika mereka harus mencari uang lebih untuk biaya pengobatan pada saat sakit tanpa adanya kartu JKN-KIS.

“Kami tetap bersyukur atas apa dan berapapun penghasilan dari pekerjaan kami, tak sanggup kami memikirkan apa yang akan terjadi dan apa yang harus dilakukan pada saat harus mencari uang lagi untuk berobat. Untungnya kami sekeluarga telah memiliki kartu JKN-KIS, sehingga dapat terjamin dari seluruh biaya pengobatan pada saat sakit selama ini. kartu JKN-KIS ini sendiri merupakan anugerah buat keluarga kami,“ jelasnya.

Begitu besarnya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan hadirnya program JKN-KIS. sehingga trauma yang dialami oleh sebagian masyarakat akan besarnya biaya pengobatan disaat sakit saat ini lambat laun telah menghilang.

Ayo, terus dukung program JKN-KIS dengan segenap manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat lainnya dengan turut mendaftarkan diri anda dan keluarga agar memperoleh jaminan kesehatan yang tepat dan bermanfaat serta rutin membayar iuran setiap bulannya.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved