Perangkat Desa Diharapkan Ikut Kepesertaan Jaminan Sosial

“Jika rata-rata hanya tujuh saja, maka sekitar 300 perangkat desa yang mesti ikut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya

Perangkat Desa Diharapkan Ikut Kepesertaan Jaminan Sosial
ISTIMEWA
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Andry Rudiantara di acara sosialisasi ke perangkat desa di Kubu Raya 

Perangkat Desa Diharapkan Ikut Kepesertaan Jaminan Sosial

KUBU RAYA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Pontianak mendorong pemerintah daerah maupun pemerintah desa mengikutsertakan perangkat desanya dalam program kepesertaan jaminan sosial.

“Harapannya bisa ikut dua atau tiga program, di BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Andry Rudiantara.

Ia menuturkan BPJS Ketenagakerjaan pun sudah melakukan sosialisasi tentang kepersertaan itu. Sosialisasi yang terbaru, dilakukan bersama Pemerintah Kubu Raya.

Sebanyak 136 desa yang ikut hadir dalam sosialisasi itu. 

Diakuinya respon positif diberikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sehingga mau mengikutsertakan perangkat desanya dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Baca: Syarat Mendapatkan Manfaat Jaminan Pensiun Berkala BPJS Ketenagakerjaan

Baca: BPJS Ketenagakerjaan Pontianak Gelar Pasar Murah

 “Kesepakatan dengan dinas terkait di Kubu Raya, jadi ada yang dilindungi dua program dan tiga program. Mekanisme ini diberlakukan karena keterbatasan anggaran,” ujarnya.

Ia berharap ke depan bisa dianggarkan dalam anggaran pemerintah daerah. Apalagi jika dihitung dan masuk di dalam anggaran dana desa, sehingga jumah kepesertaan saja yang tinggal ditingkatkan.  

“Jika rata-rata hanya tujuh saja, maka sekitar 300 perangkat desa yang mesti ikut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya 

Andry menjelaskan bahwa kebijakan itu juga sudah berlaku secara nasional. Banyak perangkat desa yang sudah masuk dalam program jaminan sosial. Apalagi BPJS Ketenagakerjaan juga mendorong adanya desa sadar ketenagakerjaan. 

Baca: Ini Syarat Konfirmasi Ulang Penerima Manfaat Jaminan Pensiun Berkala BPJS Ketenagakerjaan

Baca: Konfirmasi Ulang Penerima Manfaat Jaminan pensiun berkala BPJS Ketenagakerjaan, Begini Syaratnya

Adanya status desa sadar ketenagakerjaan, nantinya akan melihat sudah berapa persen masyarakat yang menjadi peserta jaminan sosial. Termasuk berapa persen yang ikut program dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Apalagi, lanjut dia, kewajiban untuk ikut serta itu karena resiko pekerjaan tidak hanya dialami mereka yang bekerja di perusahaan saja. Resiko kerja juga bisa terjadi kepada perangkat desa karena mengingat mobilitasnya yang tinggi.

“Mereka terkadang, jam kerja tidak sesuai seperti di perusahaan. Ada yang bekerja malam, sehingga besar kemungkinan mendapat resiko kecelakaan kerja,” ujarnya

“Alhamdulillah dukungan baiknya pada program kepesertaan jaminan sosial ini. Suport pemerintah daerah juga luar biasa, harapannya semua bisa ikut,” pungkasnya. (*/dan)

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved