Menstrual Cup Solusi Bagi Wanita Haid, Lebih Ekonomis dan Gampang Digunakan

Menstrual Cup Berbeda dengan tampon ataupun pembalut, menstrual cup atau biasa disebut dengan cawan menstruasi

Menstrual Cup Solusi Bagi Wanita Haid, Lebih Ekonomis dan Gampang Digunakan
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Menstrual Cup Pengganti Pembalut Saat Haid, Lebih Higinies dan Hemat! 

Menstrual Cup Solusi Bagi Wanita Haid, Lebih Ekonomis dan Gampang Digunakan

PONTIANAK - Beragam pembalut yang dijual di pasaran tersedia dengan berbagai macam ketebalan dan panjang bantalan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Sayangnya, banyak wanita mengeluhkan jika saat pakai pembalut tebal dan mengenakan rok ataupun celana yang sedikit ketat, akan menimbulkan ceplakan pembalut.

Itu sebabnya, biasanya pembalut yang berukuran lebih panjang dan tebal digunakan pada saat malam hari untuk mencegah kebocoran.

Selain itu, seseorang yang pakai pembalut bersayap umumnya lebih rentan mengalami iritasi di paha bagian dalam akibat adanya gesekan di area selangkangan.

So, kamu diharapkan rutin untuk mengganti pembalut meski darah menstruasi Anda tidak terlalu banyak ataupun masih bisa terserap. Hal ini dilakukan untuk menghindari perkembangan bakteri dan bau vagina dari darah menstruasi yang dikeluarkan.

Baca: JADWAL Liga 1 2019 Pekan 10: Persija Vs Semen Padang di Zona Degradasi, Barito Vs Persela Ditunda?

Baca: Jennie BLACKPINK Unggah Foto Seksi, Sejam Kemudian Dress yang Dikenakan Ludes Terjual

Baca: Jaga Kondusifitas, Anggota Polsek Sungai Pinyuh Rutin Patroli di Objek Vital

Nah, kali ini kita akan memperkenalkan jenis pembalut yang sudah banyak diketahui masyarakat umum di Indonesia yang bernama Menstrual Cup.

Dilihat dari Hellosehat.com, Menstrual Cup Berbeda dengan tampon ataupun pembalut, menstrual cup atau biasa disebut dengan cawan menstruasi bekerja tidak menyerap cairan lewat kapas, melainkan menampung cairan yang keluar pada saat menstruasi.

Menstrual cup terbuat dari karet ataupun silikon yang diselipkan di dalam vagina sehingga bisa digunakan berkali-kali dan dalam jangka waktu yang lama.

Cara menggunakan menstrual cup hampir sama dengan penggunaan tampon. Anda perlu memposisikan diri dengan cara duduk, jongkok, atau salah satu kaki diangkat ke atas, intinya buatlah posisi yang senyaman mungkin. Setelah itu, pegang ujung cangkir menstruasi ini, lalu lipat seperti bentuk huruf U. Setelah itu, masukkan ke dalam vagina perlahan.
Banyak orang lebih memilih menstrual cup dibanding pembalut karena praktis dan tidak harus sering diganti – tergantung seberapa banyak darah yang keluar.

Jika saat menggunakan pembalut Anda harus mengeluarkan energi lebih untuk mencuci bantalan agar darah menstruasi bisa bersih, maka saat pakai menstrual cup Anda hanya mengeluarkan cangkir menstruasi dari dalam vagina, mengosongkan isinya, membersihkannya dengan air, dan memasukkannya kembali ke dalam vagina.

Berikut ini video yang bisa memberi gambaran kamu untuk menggunakan Menstrual Cup.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved