Citizen Reporter

Dua Ilmuwan Luar Negeri Berikan Kuliah dan Pelatihan di Universitas Nasional Jakarta

Pada kesempatan memberikan kuliah umum (09/07/2019) kemarin, Cheryl Knott mengupas tentang perkembangan orangutan remaja di TNGP.

Dua Ilmuwan Luar Negeri Berikan Kuliah dan Pelatihan di Universitas Nasional Jakarta
ISTIMEWA
Cheryl Knott , Ph.D dan Andrew J. Marshall, Ph.D saat memberikan kuliah umum dan pelatihan di Universitas Nasional Jakarta. 

Dua Ilmuwan Luar Negeri Berikan Kuliah dan Pelatihan di Universitas Nasional Jakarta

Citizen Reporter
Petrus Kanisius
Yayasan Palung

JAKARTA - Dua ilmuan luar negeri berkesempatan untuk memberikan kuliah umum dan pelatihan di Universitas Nasional (UNAS) tentang konservasi, pada 9 - 11 Juli 2018 lalu.

Mereka adalah Cheryl Knott , Ph.D dan Andrew J. Marshall, Ph.D. dua ilmuan ini sudah tidak asing di Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) karena aktivitas penelitian mereka.

Selaku Direktur Eksekutif GPOCP Yayasan Palung (Gunung Palung Orangutan Conservation Program) Gunung Palung Orangutan Project, Cheryl Knott mengatakan dirinya merasa terhormat dapat berbicara di UNAS Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Cheryl Knott, Ph.D yang juga dosen dari Universitas Boston, USA dan Andrew J. Marshall, Ph.D selaku anggota dewan pengawas GPOCP dan sebagai Direktur One Forest Project dan dosen di Universitas Michigan, USA berkesempatan memberikan materi kuliah umum dan pelatihan kepada Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Biologi, Universitas Nasional. 

Baca: Peringati Hari Hutan Sedunia, Yayasan Palung dan Relawan Rebonk Tanam Mangrove

Baca: Wendi Tamariska dari Yayasan Palung Raih Penghargaan Lingkungan Hidup Whitley Award 2019 di London

Pada kesempatan memberikan kuliah umum (09/07/2019) kemarin, Cheryl Knott mengupas tentang perkembangan orangutan remaja di TNGP.

Sedangkan Andrew J. Marshall membahas tentang ekologi vertebrata di TNGP. 

"Kami sangat senang melihat begitu banyak rekan-rekan di Indonesia yang selama ini telah banyak mendukung kami," ujar Cheryl.

Pada hari kedua dan ketiga dilanjutkan dengan pelatihan yang diberikan oleh Andrew J. Marshall kepada mahasiswa Pascasarjana Biologi UNAS tentang Statistik “R”.

Statistik R merupakan analisis yang sudah umum digunakan atau dipakai oleh peneliti dunia selain metode, analisis penelitiannya. “Statistik R akan sangat membantu  mahasiswa dalam menganalisis hasil penelitian mereka”, ujar Wahyu Susanto, selaku Direktur Penelitian Yayasan Palung (GPOCP).

Baca: Ini Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi oleh Yayasan Palung

Baca: Peringati Hari Bumi 2019, Yayasan Palung Ajak Semua untuk Peduli Nasib Bumi

Lebih lanjut Wahyu Susanto mengatakan, terselenggaranya kuliah umum dan pelatihan di UNAS tersebut juga berkat adanya kerjasama antara Univertas Nasional (UNAS), Universitas Boston dan Universitas Michigan sebagai kontribusi peneliti asing.

Pada kesempatan tersebut pula Endro Setiawan dari (BTNGP) mendapatkan beasiswa pada program Pascasarjana di Program Biologi Universitas Nasional. 

Setidaknya 50 orang peserta mengikuti kuliah umum dan 30 orang mengikuti pelatihan Statistik R kemarin.

Semua rangkaian kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari peserta yang mengikuti kuliah dan pelatihan tersebut. 

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved