Demokrat Kalbar Segera Buka Penjaringan Untuk Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020

Ia pun mengakui, jika memang banyak kandidat dari para cakada berkomunikasi dengan dirinya.

Demokrat Kalbar Segera Buka Penjaringan Untuk Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Suryadman Gidot 

Demokrat Kalbar Segera Buka Penjaringan Untuk Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020

PONTIANAK - Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Suryadman Gidot mengungkapkan jika pihaknya akan segera membuka penjaringan calon kepala daerah (cakada) untuk pilkada 2020.

"Jadi memang hari ini (kemarin, red) kita ada rapat pimpinan, saya undang semua ketua dan sekretaris DPC Partai Demokrat se-Kalbar, diantara agenda kita tadi adalah meminta semua DPC yang pilkada tahun 2020 agar segera mementuk tim penjaringan daripada tim Cabup dan Cawabup," terangnya, Kamis (18/07/2019) ditemui di kantor DPD Partai Demokrat Kalbar.

Ia pun mengakui, jika memang banyak kandidat dari para cakada berkomunikasi dengan dirinya.

"Sudah barang tentu memang selama ini banyak kandidat yang berkomunikasi dengan saya, ingin maju, kita jelaskan kesemua kandidat yang ingin maju silahkan saja mengikuti mekanisme yang nanti akan dimulai oleh Partai Demokrat," bebernya.

Baca: Demokrat Kalbar Segera Jaring Cakada, Pengamat Ingatkan Pentingnya Dua Faktor Berikut

Baca: PHPU Pileg, PKS dan Demokrat Kalbar Tunggu Sidang Lanjutan di MK

Partai Demokrat, kata Gidot mempunyai mekanisme yang diantaranya saat pembukaan dipersilahkan untuk mendaftar, hasil penjaringan akan disampaikan ke DPD.

Kemudian DPD, lanjutnya, akan menginterview yang selanjutnya akan diusulkan ke DPP, dan DPP yang akan menimbang dan memberikan keputusan akhir.

"Jika ada kandidat-kandidat yang mengatakan ingin menggunakan Partai Demokrat, artinya Partai Demokrat sampai hari ini terbuka untuk siapapun, karena memang keputusan belum final," kata Bupati Bengkayan ini.

Partai Demokrat Kalbar, kata Gidot berterimakasih jika sejumlah kandidat telah melakukan penjajakan. Partai berlambang mercy tersebut dipastikannya akan mencari yang terbaik untuk kepala daerah disetiap kabupaten yang menggelar pilkada 2020.

"Kita juga berharap kader-kader Partai Demokrat yang ingin maju kita selalu mendorong, selain kandidat, saya juga meminta untuk Ketua DPC melakukan pendekatan dengan parpol lain guna membentuk sebuah koalisi, karena di 7 pilkada Partai Demokrat tidak bisa mengusung sendiri," katanya.

Baca: Demokrat Kalbar Tolak Usul KLB dan Tetap Dukung Kepemimpinan SBY

Baca: Laporan Ditolak Bawaslu, Ini Kata Demokrat Kalbar

Seperti di Sambas, diterangkannya Demokrat hanya dapat tiga kursi, Bengkayang mendapat lima kursi, Ketapang sembari menunggu putusan MK ada dua kursi, Sekadau tiga kursi, Sintang mempunyai lima kursi, Melawi hanya satu kursi dan Kapuas Hulu mempunyai tiga kursi.

"Hampir semua DPC yang pilkada 2020 kita kurang, makanya kita minta kawan-kawan melakukan penjajakan, seperti yang saya sudah sampaikan dibeberapa kesempatan, partai ini melalui pengurusnya segera mendengar kehendak rakyat di daerahnya masing-masing," jelasnya.

Mengingat Demokrat parpol yang nasionalis dan religius, lanjut Bupati dua periode ini, diharapkan nasionalis dan religius menjadi roh dari partai.

"Kita berharap mungkin DPC segera (buka penjaringan, red) karena prosesnya dari DPC, kita juga masih menunggu keputusan dari KPU, secepatnya jika draft KPU sudah keluar, utamanya menurut saya selambat-lambatnya setelah anggota DPR dilantik, Kita berharap yang diusung Partai Demokrat bisa menang dan bersama Partai Demokrat membangun kabupaten itu," tutupnya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved