Kabut Asap Mulai Landa Kalbar, Diskes Pontianak Warning Puskesmas

Ia juga menjelaskan beberapa penyakit yang jadi warning untuk diwaspadai di antaranya ispa, diare, dan juga penyakit hepatitis.

Kabut Asap Mulai Landa Kalbar, Diskes Pontianak Warning Puskesmas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kabut asap mulai tampak di kawasan Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (13/3/2019) malam. Meski Presiden RI Joko Widodo sempat mengklaim tidak adanya kebakaran hutan dan lahan gambut beberapa waktu lalu, bencana kebakaran lahan gambut masih menjadi momok di Kalimantan Barat saat musim kemarau tiba. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Kabut Asap Mulai Landa Kalbar, Diskes Pontianak Warning Puskesmas

PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menuturkan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi terjadinya kabut asap di Kota Pontianak, Pihakya sejak sebulan lalu telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh Puskesmas agar waspada setiap saat.

"Karena kondisi seperti ini sudah sering terjadi, kalau sudah dua minggu tidak hujan kita sudah warning kepada seluruh puskesmas untuk melakukan upaya-upaya kewaspadaan terhadap penyakit-penyakit akibat kemarau," ujarnya.

Ia juga menjelaskan beberapa penyakit yang jadi warning untuk diwaspadai di antaranya ispa, diare, dan juga penyakit hepatitis.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada trend peningkatan jumlah penderita Ispa.

Baca: Diskes Pontianak Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan di Puskesmas

Baca: Gelar Konferensi Pers, Ini Penjelasan Kadiskes Pontianak Terkait Meninggalnya RWP Usai Imunisasi MR

"Kalau ispa saat ini masih dalam batas normal dan batas-batas wajar tidak ada peningkatan jumlah secara siginifikan," ujarnya.

Namun demikian pihaknya tetap akan melakukan peningkatan kewaspadaan. Terkair stok masker, pihaknya saat ini masih memiliki stok yang cukup untuk kebutuhan masyarakat jika diperlukan.

"Kita masih punya stok masker yang cukup, silahkan masyarakat jika membutuhkan silahkan meminta ke diskes Pontianak, jika masih kurang kita masih bisa minta ke diskes Kalbar," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved