Jamaah Persiapkan Fisik Yang Kuat Untuk Ibadah Haji

Ia katakan, selain mempersiapkan ilmu untuk menunaikan haji. Dirinya juga mempersiapkan fisik untuk menjalankan ibadah haji.

Jamaah Persiapkan Fisik Yang Kuat Untuk Ibadah Haji
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Satu diantara Jamaah haji Kabupaten Sambas, asal Kecamatan Sambas, Sumar'in. 

Jamaah Persiapkan Fisik Yang Kuat Untuk Ibadah Haji

SAMBAS - Satu diantara jamaah haji Kabupaten Sambas, asal Kecamatan Sambas Sumar'in mengatakan, dirinya secara pribadi sudah mempersiapkan diri cukup lama untuk menjalankan ibadah haji.

Ia katakan, selain mempersiapkan ilmu untuk menunaikan haji. Dirinya juga mempersiapkan fisik untuk menjalankan ibadah haji.

"Alhamdulillah, saya mempersiapkan ibadah haji sudah begitu lama. Utamnya Ilmu, fisik dan lainnya. Tapi, kami paham bahwa sebaik-baiknya bekal adalah taqwa itu sesuai dengan Al-Qur'an surah Al-Baqarah 197," ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Untuk itu, ia katakan dirinya secara pribadi mempersiapkan diri dan mengokohkan ketaqwaan agar senantiasa takut pada Allah, sang pencipta langit dan bumi.

"Oleh karenanya, itu akan menguatkan dan mengokohkan ketaqwaan untuk senantiasa takut pada Allah, untuk istiqamah dengan ibadah dan menjauhi larangannya selalu kami upayakan," ungkapnya.

Baca: Pemuda Asal Sekadau Masih Tak Menyangka Lolos Seleknas dan akan Bertanding di Sea Games Filipina

Baca: Menuju Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Tim Evaluator dan TPI Lakukan Verifikasi Lapangan

Baca: Sedang Tanding Game Penentuan Indonesia Open, Ganda Putri Haris/Pradipta Vs Li/Zheng

Wakil Rektor Institut Agama Islam Sultan Muhammad Tsafiudin (IAIS) Sambas itu mengungkapkan, bahwa haji adalah ibadah yang lebih banyak memerlukan tenaga.

Oleh karenanya, stamina dan fisik yang kuat di perlukan untuk menjalankan ibadah tersebut.

"Adapun persiapan secara khusus, terus terang saya memahami bahwa ibadah Haji adalah ibadah yang banyak memerlukan tenaga fisik," tuturnya.

"Untuk itu, saya pribadi, 1 tahun sebelumnya secara konsisten melatih fisik saya utamanya joging dan olahraga lainnya," sambung Sumar'in.

Ia pun menurut, nantinya jamaah haji Sambas akan berada di Makkah dan selama perjalanan, memakan waktu kurang lebih 49 hari.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat Sambas senantiasa mendoakan agar berangkat dan kembali lagi dalam keadaan sehat.

"Kami juga mohon doanya pada seluruh masyarakat wabil khusus masyarakat Sambas, agar kami mendapatkan kemudahan dan kekuatan dalam proses pelaksanaan ibadah Haji, dan hajinya di terima Allah serta tergolong haji yang Mabrur," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved