Gubernur Sutarmidji Ajak Pemda Kubu Raya Kembangkan Potensi Daerah

Ia juga menyampaikan pontensi Kabupaten Kubu Raya beberapa tahun kedepan sangat baik, terutama dibidang pendapatan asli daerah.

Gubernur Sutarmidji Ajak Pemda Kubu Raya Kembangkan Potensi Daerah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MARPINA WULAN
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji saat memberikan sambutan pada upacara HUT ke 12 Kabupaten Kubu Raya 

Gubernur Sutarmidji Ajak Pemerintahan Daerah Kabupaten Kubu Raya Kembangkan Potensi yang ada di Kabupaten Kubu Raya

KUBU RAYA - Pelaksanaan Upacara HUT Kabupaten Kubu Raya ke-12 di halaman kantor Bupati Kubu Raya pada Rabu (17/7) dipimpin langsung oleh Orang nomor 1 di Kalimantan Barat.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dalam sambutannya mengharapkan dengan bertambahnya usia Kabupaten Kubu Raya dapat lebih difokuskan pada pengembangan infrastruktur Pemerintahan.

Hal ini terkait pembangunan infrastruktur pemerintahan yang dinilai belum menyuluruh di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

"kantor juga harus ada didalam satu komplek, karena untuk mempercepat pertumbuhan suatu kawasan, kantor tidak harus berada di suatu komplek tetapi, tempatkan lah di tempat-tempat yang bisa memicu pertumbuhan kawasan itu dan ini cukup baik untuk pertumbuhan perekonomian di kawasan tersebut," ujar Sutarmidji.

Baca: Tribun Pontianak Turut Hadir dalam Perayaan HUT Kabupaten Kubu Raya ke 12

Baca: Gubernur Sutarmidji Apresiasi Penggunaan Busana Adat di upacara HUT Kabupaten Kubu Raya ke 12

Ia juga menyampaikan pontensi Kabupaten Kubu Raya beberapa tahun kedepan sangat baik, terutama dibidang pendapatan asli daerah.

"Kedepan kubu raya ini, potensi pendapatan asli daerah itu sangat besar dari pengolahan lahan aja itu sudah sangat besar. Saya sarankan terus digali pendapatan asli daerah. Saya berharap NJOP dikawasan ini sudah harus di update dengan oleh mendekatkan dengan data nilai pasar. Bisa-bisa sepuluh kali lipat dari yang sekarang naik. Tapi tarif PDB-nya turunkan sebesar persentase kita naikan, kalau naik nya 10 kali berarti tarif sekarang harus di bagi 10. Itulah tarif PDB sehingga tidak memberatkan masyarakat." jelasnya.

Ia juga menyampaikan, dalam pembangunan yang perlu di kejar adalah PBHTB, karena dirinya yakin Pontianak bisa kalah PBHTB nya dibandingkan kawasan kubu raya.

Tidak hanya itu, Sutarmidji juga menyarankan agar pemerintah daerah memfokuskan pada pembangunan fasilitas umum, seperti perhotelan, penyedia jasa dan lain sebagainya dibandingkan dengan pembangunan ruko-ruko.

Baca: HUT Kubu Raya ke 12 Diharapkan Jadi Awal Jalan Kemajuan Produk UMKM Milik Masyarakat

Baca: PDAM Kubu Raya Berikan Kemudahan Pembayaran Tagihan, Bisa Via ATM

"Saran saya juga pak bupati. Pontianak itu jl. A Yani sudah tidak ada lahan, yg ada itu Jl. A Yani 2. Saran saya kedepan mungkin lima tahun kedepan pertumbuhan sektor perhotelan, jasa dan lain sebagainya itu akan bergeser di kawasan kubu raya sehingga ini nantinya lahan-lahan itulah yang bisa dipergunakan tapi kalau semua sudah menjadi ruko kan sayang," ujar Gubernur Kalimantan Barat itu.

Contoh dari manfaat pembangunan fasilitas umum sendiri menurut Sutarmidji adalah Qubu Resort.

Awalnya aktivitas tidak terlalu banyak, sekarang sudah semakin banyak karena masyarakat membutuhkan tempat seperti itu untuk mengadakan berbagai kegiatan dan event besar.

"Kemudian saya menghimbau kepada seluruh jajaran pimpinan dan staf kabupaten kubu raya mari kita berkerja untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, tata kelola pemerintahan yang transparan, tata kelola pemerintahan yang betul-betul bisa menjawab keinginan masyarakat," ungkapnya.

"Saya selaku gubernur insyaallah akan melakukan hal-hal yang terbaik yang dibutuhkan masyarakat Kalimantan Barat, saya akan berbuat seadil-adilnya berdasarkan kebutuhan masyarakat sehingga tahun ini APBD provinsi itu diperkirakan kenaikan di bidang infrastruktur khususnya jalan itu bisa sekitar diatas 400 kilometer," jelas Midji pada sambutannya di halaman kantor Bupati Kubu Raya. (Marpina Sindika Wulandari)

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved