Emiliana Ajak Warga Kurangi Sampah Plastik

Padahal sudah ada ancaman tipiring tapi masih ada saja orang yang buang sampah di lokasi yang dilarang bukan di TPS resmi

Emiliana Ajak Warga Kurangi Sampah Plastik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FILE
Anggota DPRD Kota Pontianak Utara Emiliana T.B, SH. M.Si 

Emiliana Ajak Warga Kurangi Sampah Plastik

PONTIANAK - Anggota DPRD Kota Pontianak dari fraksi PDI Perjuangan, Emiliana TB menilai penutupan kedua TPS sementara di Jln KH Wahid Hasyim depan RSU Santo Antonius dan Gg Garuda sudah tepat.

Karena selama ini letak kedua TPS tersebut sudah tidak layak karena berada di atas lahan milik orang lain dan kadang sampah yang terlambat di angkut meluber hingga ke badan jalan.

"Saya pikir itu tepat untuk dipindahkan sehingga perlu intens di informasikan ke masyarakat bahwa TPS tersebut telah ditutup agar tidak membuang sampah disitu kembali," ujar Emiliana.

Ia menjelaskan kebiasaan membuang sampah oleh beberapa masyarakat kita cendrung ingin simple dan praktis saja ketika membuang sampah. Bahkan acap kali ditemukan orang membuang sampah di tempat yang tidak seharusnya, seperti di lahan kosong atau di TPS tidak resmi.

Baca: VIDEO: Kejari Kapuas Hulu Gelar Donor Darah di Rumah Sakit

Baca: Dewan Sintang: Semakin Tahun Keinginan Masyarakat Naik Haji Meningkat

"Padahal sudah ada ancaman tipiring tapi masih ada saja orang yang buang sampah di lokasi yang dilarang bukan di TPS resmi. Menggugah kesadaranlah yang paling penting untuk terus ditingkatkan," ujar Emiliana.

Selain itu, Emiliana juga mengajak seluruh masyarakat untuk menekan jumlah sampah plastik dengan menerapkan kebiasaan 5R, yakni Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rethink.

"Lima kebiasaam tersebut tercermin dalam keseharian masyarakat yang menggunakan botol minum ulang kali pakai (tumbler), menolak kantong plastik saat berbelanja, menggunakan kotak makanan sendiri untuk kemasan makanan, dan sebagainya," tukas Emiliana.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved