4 Pilkada di Kalbar Perbatasan, Abel Harap Cakada Kreatif dan Inovatif

Dari tujuh Kabupaten yang akan menggelar Pilkada 2020 di Kalbar, tiga diantaranya merupakan daerah perbatasan. Ketiga daerah tersebut

4 Pilkada di Kalbar Perbatasan, Abel Harap Cakada Kreatif dan Inovatif
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Forum Perbatasan Provinsi Kalimantan Barat, Abelnus. 

3 Pilkada di Kalbar Perbatasan, Abel Harap Cakada Kreatif dan Inovatif

PONTIANAK – Dari tujuh Kabupaten yang akan menggelar Pilkada 2020 di Kalbar, empat diantaranya merupakan daerah perbatasan. Ketiga daerah tersebut ialah Bengkayang, Sambas dan Kapuas Hulu.

Ketua Forum Perbatasan Provinsi Kalimantan Barat, Abelnus berharap agar para calon kepala daerah selanjutnya harus memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintah pusat untuk membangun wilayah perbatasan segala sektor pembangunan.

"Perlu saya ingatkan bahwa wilayah perbatasan merupakan domain pemerintah pusat termasuk dengan pembangunan, maka Bakal Calon Bupati dan Bakal Wakil Bupati kedepan harus memiliki kemampuan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian terkait agar mendapatkan jatah kue pembangunan sebagaimana yang diharapkan masyarakat perbatasan sebagai garda depan Negara," katanya, Rabu (17/07/2019).

Baca: Karhutla Jadi Ancaman Serius, BPBD dan Pemda Gelar Rakor Bahas Pencegahan

Baca: Windi Optimis Lulus Seleksi Jalur Mandiri Untan

Baca: Bupati Citra Sebut Serius Majukan Olahraga

Selain itu, kata dia, Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati harus lebih agresif dalam memperjuangkan daerah perbatasan, sehingga tidak terkesan hanya menunggu.

Kebutuhan masyarakat perbatasan, "Infrastruktur dasar (jalan, kesehatan, pendidikan, penerangan dan air bersih), masih menjadi masalah utama di perbatasan. Jika infrastruktur dasar tidak terpenuhi bagaimana mau sejahtera?, kan hasil bumi tidak dapat terjual akibat tidak memiliki jalan," kata Abel.

Ia menilai, perbatasan Kecamatan Ketungau Hulu, Desa Jasa atau Senaning sangat memprihatinkan untuk infrstaruktur jalannya, karena jika di musim hujan, tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Saya kira masyarakat juga harus berperan aktif untuk menentukan Pemimpin lima tahun kedepan, jangan terhanyut oleh rayuan Visi dan Misi, nya saja, namun kenali karakteristik para Bakal Calon Bupati tersebit secara teliti," imbuhnya.

Terlebih, lanjut Abel, para kandidat telah mulai mengenalkan diri melalui Baliho ataupun banner di petempatan jalan raya.

"Saya harap masyarakat harus cerdas memilih," harap dia.

Lebih lanjut ia menilai jika pembangunan selama ini oleh Pemda terutama Kepala Daerah yang memimpin Kabupaten yang berbatasan terkesan menunggu.

Padahal menurut Abel, Inovasi dan kreatif sangat penting dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan Pembangunan didaerah tersebut.

Wilayah perbatasan, kata dia, juga memiliki potensi yang sangat luar biasa dan dapat menarik minat para investor luar negeri maupun dalam negeri.

"Kedepan saya berharap para pemimpin yang terpilih harus lebih inovatif dan kreatif untuk menggali potensi-potensi yang ada," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved