Wako Imbau Warga Jaga Kebersihan, Laporkan Kalau Ada Warga ‘Nyampah’ Sembarangan

pihaknya akan memasang cctv sebanyak-banyaknya di setiap sudut kota untuk memantau dan bentuk pengawasan.

Wako Imbau Warga Jaga Kebersihan, Laporkan Kalau Ada Warga ‘Nyampah’ Sembarangan
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meninjau proses bongkar muat tumpukan sampah di penampungan sampah sementara di Pasar Mawar, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (2/5/2019). Edi meradang lantaran tumpukan sampah yang luar biasa hingga menimbulkan bau tidak sedap. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Wali Kota Pontianak Edi Kamtono mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Kota Pontianak sebagai kota tertib, aman, nyaman dan bersih dengan membuang sampah pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

"Lakukanlah hal-hal yang sederhana dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya, Selasa (16/7/2019).

Ia menuturkan seharusnya sampah rumah tangga yang akan dibuang sudah dipilah mana sampah organik, anorganik maupun sampah plastik. Pemerintah kota nanti akan memperbanyak bank-bank sampah. Baik bank sampah mini maupun bank sampah induk.

"Ajak dan gugah kesadaran teman sekitar kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan buang sampah pada tempatnya. Kadang kala ada oknum masyarakat tertenu yang buang sampah sembarangan," ujarnya.

Edi menuturkan sebagai upaya tindak tegas kepada pelaku pembuang sampah sembarangan, pihaknya akan memasang cctv sebanyak-banyaknya di setiap sudut kota untuk memantau dan bentuk pengawasan.

"Saya minta masyarakat juga proaktif untuk melaporkan ke petugas kita jika menangkap basah orang yang buang sampah sembarangan supaya kota kita ini tetap bersih," ujarnya.

Baca: Bupati Muda Mahendrawan: Ayo Jaga Persatuan Semua Elemen Daerah

Baca: Dinilai Lokasi Sudah Tak Layak, Pemkot Tutup Dua Tempat Pembuanga Sampah

Baca: Optimistis Lulus Jalur Mandiri Untan, 9.715 Peserta Berebut 1.650 Kursi

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak menutup dua Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara, masing-masing di Jl KH Wahid Hasyim depan Rumah Sakit Umum Santo Antonius, dan di Jl Imam Bonjol persis di depan Gg Garuda.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Tinorma Butar-butar mengatakan penutupan kedua TPS tersebut lantaran titiknya dinilai sudah tidak layak dan juga radius antar TPS lainya juga terhitung masih dekat. “Penutupannya kita lakukan sebelum digelarnya STQ Nasional," ujarnya, Selasa (16/7/2019).

Sementara itu anggota DPRD Kota Pontianak dari fraksi PDI Perjuangan, Emiliana TB menilai penutupan kedua TPS sementara di Jl KH Wahid Hasyim depan RSU Santo Antonius dan Gg Garuda sudah tepat.

Karena selama ini letak kedua TPS tersebut sudah tidak layak karena berada di atas lahan milik orang lain dan kadang sampah yang terlambat di angkut meluber hingga ke badan jalan.

"Saya pikir itu tepat untuk dipindahkan sehingga perlu intens di informasikan ke masyarakat bahwa TPS tersebut telah ditutup agar tidak membuang sampah disitu kembali," ujarnya.

Ia menjelaskan kebiasaan membuang sampah oleh beberapa masyarakat kita cendrung ingin simple dan praktis saja ketika membuang sampah. Bahkan acap kali ditemukan orang membuang sampah di tempat yang tidak seharusnya, seperti di lahan kosong atau di TPS tidak resmi.

"Padahal sudah ada ancaman tipiring tapi masih ada saja orang yang buang sampah di lokasi yang dilarang bukan di TPS resmi. Menggugah kesadaranlah yang paling penting untuk terus ditingkatkan," ujarnya.

Selain itu, Emiliana juga mengajak seluruh masyarakat untuk menekan jumlah sampah plastik dengan menerapkan kebiasaan 5R, yakni Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rethink.

"Lima kebiasaam tersebut tercermin dalam keseharian masyarakat yang menggunakan botol minum ulang kali pakai (tumbler), menolak kantong plastik saat berbelanja, menggunakan kotak makanan sendiri untuk kemasan makanan, dan sebagainya," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved