TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Apa Itu Fintech, Ini Manfaat Keberadaan Fintech di Indonesia

Adanya Fintech dapat membantu sekaligus mempengaruhi kebiasaan transaksi masyarakat untuk menjadi lebih praktis dan efisien

TRIBUNWIKI: Apa Itu Fintech, Ini Manfaat Keberadaan Fintech di Indonesia
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
ilustrasi.NET 

TRIBUNWIKI: Apa Itu Fintech, Ini Manfaat Keberadaan Fintech di Indonesia

JAKARTA - Seiring perkembangan zaman yang maju, tentu segala proses juga akan semakin mudah. Dunia finansial juga mengalami kemajuan dengan munculnya Fintech. Pastinya kalian sudah sering mendengar kata Fintech. Tetapi apa sih Fintech itu? Dilihat dari katanya, Fintech adalah kependekan dari Financial Technology. Ini adalah sebuah inovasi dari perkembangan teknologi dalam dunia finansial, tumbuh pesat sejak Global Financial Crisis di Amerika Serikat pada tahun 2008.

Adanya Fintech dapat membantu sekaligus mempengaruhi kebiasaan transaksi masyarakat untuk menjadi lebih praktis dan efisien. Fintech juga akan memudahkan akses terhadap produk keuangan dan meningkatkan inklusi keuangan.

Apa Manfaat dengan Keberadaan Fintech di Indonesia?

Dari pemanfaatan teknologi yang digabung dengan sistem finansial tentunya akan banyak manfaatnya, seperti yang bisa dilihat di bawah ini:

1. Kemudahan Transaksi Finansial

Manfaat yang paling utama diberikan oleh fintech adalah kemudahan transaksi finansial. Sebagai contoh mungkin beberapa tahun lalu ke belakang pembayaran di restoran biasanya masih dengan menggunakan uang tunai, sekarang banyak yang sudah menggunakan uang elektronik. Dengan uang elektronik, yang bisa diakses dari smartphone, tidak perlu menyiapkan uang fisik dan juga tidak perlu repot menyiapkan kembalian yang seringkali menjadi kendala saat transaksi.

2. Membantu UKM Mendapatkan Modal

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) total UKM yang ada di Indonesia sebanyak 59,2 juta. Dari total sebanyak itu 8% atau 3,79 juta sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Artinya mereka sudah mulai menyadari bahwa dengan perkembangan zaman yang terus berjalan mereka juga perlu berkembang.

Saat mereka sudah menyadari bahwa mereka harus mengembangkan usahanya dengan mengubah ke platform online, satu hal lagi yang perlu mereka dapatkan yaitu modal.

Halaman
123
Editor: Maskartini
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved