Terapkan Tukin, BKPSDM Kota Pontianak Akan Sosialiasikan Syarat Penerimaan Tukin ke Pegawai

Multi Juto Bhatarendro menuturkan Kemenpan RB telah mengeluarkan Peraturan menteri yang mengatur tentang pemberian tukin

Terapkan Tukin, BKPSDM Kota Pontianak Akan Sosialiasikan Syarat Penerimaan Tukin ke Pegawai
tribunpontianak
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pontianak, Multi Juto Batarendro 

Terapkan Tukin Tahun depan, BKPSDM Kota Pontianak Akan Sosialiasikan Syarat Penerimaan Tukin ke Pegawai

PONTIANAK - Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak Multi Juto Bhatarendro menuturkan Kemenpan RB telah mengeluarkan Peraturan menteri yang mengatur tentang pemberian tukin kepada ASN tahun 2011 lalu.

Menurutnya meski telah terhitung ketinggalan, sehingga tidak ada salahnya jika Pemkot akan mulai memberlakukan Tukin pada tahun 2020 mendatang.

"Komitmen dari pak walikota bisa kita realiasasikan pada tahun 2020 nanti oleh karena itu kita membutuhkan persiapan yang cukup banyak," ujarnya.

Ia menjelaskan pihaknya sudah mendapatkan rujukan dari beberapa kota yang selevel dengan Pemkot Pontianak, utamanya bagi pemkot yang telah menerapkan tukin.

Baca: Desa Ngarak Rapat Pembentukan Panitia 17 Agustus 2019

Baca: Sat Binmas Polres Landak Cek Kesiapsiagaaan Satpam Saat Bertugas

Baca: TRIBUNWIKI: Cari Soto Ayam Betawi, Yuk Cobain Soto Ayam Khas Unique Cafe

"Kita sudah kunjungi best practice di Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, dan Kota Bandung. Semua akan kita gabungkan untuk diterapkan di Kota Pontianak," ujarnya.

Ia memaparkan rujukan terakhir adalah pada kota Bandung yang ditandai dengan MoU antara Pemkot Pontianak dengan Pemkot Bandung. MoU tersebut juga telah ditindak lanjuti dengan program kerja sama.

"Ada banyak penilaian yang harus dilakukan untuk pemberian tunjangan kinerja," ujarnya.

Beberapa teknis pemberian tunjangan kinerja nantinya akan ada laporan penilaian harian yang telah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dimana ASN tersebut bertugas.

"Ada juga istilah tugas-tugas khusus, tugas obyektif yang akan menunjang ASN tersebut untuk mendapatkan tunjangan kinerja yang maksimal hingga 100 persen," ujarnya.

Menurutnya hal tersebut menjadi penting bagi seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkot Pontianak baik sebagai pejabat struktural maupun sebagai pejabat fungsional.

"Mereka harus paham dulu aturan dan mekanismenya. Karena tidak serta merta mendapatkan tunjangan kinerja, sehingga sosialisasi akan intens kita lakukan," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved