Suku Bunga Belum Dipangkas, IHSG Berpeluang Menguat Pekan Depan

Pergerakan IHSG di pekan depan, akan dipengaruhi hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menentukan arah suku bunga 18 Juli mendatang

Suku Bunga Belum Dipangkas, IHSG Berpeluang Menguat Pekan Depan

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di pekan depan, akan dipengaruhi hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menentukan arah suku bunga pada 18 Juli mendatang. Vice President Research Artha Sekuritas Frederik Rasali memprediksi, BI masih akan menahan bunga acuan, sehingga ruang penguatan IHSG masih terbuka.

BI sendiri menyatakan bisa saja menurunkan suku bunga apabila ada kesempatan. Ini sejalan dengan sinyal The Fed yang memberi isyarat kuat memangkas bunga.

Namun, Frederik menilai keputusan BI untuk menurunkan suku bunga tak mudah karena dampaknya cukup besar bagi perekonomian. Sebab apabila BI menurunkan suku bunga dan ternyata The Fed tidak menurunkan, maka rupiah bisa melemah dan menyebabkan neraca perdagangan semakin tertekan.

"Sehingga saya lebih yakin penurunan dilakukan setelah The Fed menurunkan suku bunga," jelas Frederik, Jumat (12/1).

Baca: TRIBUNWIKI: UPT Bahasa Untan Akan Gelar English Proficiency Olympiad 2019, Daftarkan Dirimu Segera!

Baca: TRIBUNWIKI: Daftar Pembangunan Jalan & Jembatan yang Dibangun Midji di 14 Kabupaten Sepanjang 2019

Baca: Wagub Kalbar Berangkatkan JCH Kalbar Menuju Tanah Suci

Rapat FOMC The Fed baru akan diadakan pada akhir bulan ini atau lebih tepatnya 30-31 Juli. Sehingga saat RDG BI yang berlangsung 18 Juli 2019 nanti mesti lebih berhati-hati.

Frederik memprediksi, pekan depan pergerakan IHSG akan di kisaran 6.350 hingga 6.500. Jumat lalu (12/7), IHSG ditutup menguat 0,68% ke level 6.373,35.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul BI diprediksi belum memangkas bunga, IHSG berpeluang menguat pekan depan https://investasi.kontan.co.id/news/bi-diprediksi-belum-memangkas-bunga-ihsg-berpeluang-menguat-pekan-depan

Editor: Maskartini
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved