Ini Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Gempa Bumi Terjadi

Perhatikan Ietak pintu, lift serta tangga darurat, Apabila terjadi gempabumi sudah mengetahui tempat paling aman

Ini Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Gempa Bumi Terjadi
AFP
Ilustrasi gempa bumi. 

Ini Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Gempa Bumi Terjadi

PONTIANAK - Mengenali apa yang disebut gempabumi, korban umumnya disebabkan oleh keruntuhan bangunan, perabotan, kebakaran, longsor dan kepanikan .Pastlkan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempabumi (Iongsor, rekahan tanah dan lainnya).

Setelah itu, kenali Iingkungan tempat anda bekerja dan tinggal. Perhatikan Ietak pintu, lift serta tangga darurat, Apabila terjadi gempabumi sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.

Belajar melakukan P3K dan "Mencatat Nomor Telpon Penting kedaruratan yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

Langkah berikutnya, kamu bisa belajar menggunakan Pemadam Kebakaran. Persiapan Rutin pada tempat Anda bekerja dan tinggal.

Baca: TRIBUNWIKI: Film 99 Nama Cinta Kolaborasi Dengan Sutradara Garin Nugroho

Baca: TRIBUNWIKI: Menu Nusantara, Yuk Cobain Nasi Ayam Khas Unique Cafe

Baca: TRIBUNWIKI: Cari Soto Ayam Betawi, Yuk Cobain Soto Ayam Khas Unique Cafe

Parabotan (Lemari, Cabinet. dll) diatur menempel pada dinding (di pakul/di ikat dll) untuk menghindari jatuh, roboh. bergeser pada saat terjadi gempabumi.

Menyimpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah, agar terhindar dari kebakaran. Selalu mematikan air, gas dan Iistrik apa bila sedang tidak digunakan.

Penyebab celaka yang paling banyak pada saat gempa bumi adalah akibat kejatuhan material. Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah.

Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi (mis: lampu dll) dan persiapkan alat yang harus ada disetiap Kotak P3K, seperti senter, lebih, Battery, Radio, Makanan Suplemen, dan Air.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved