Bupati Erlina Minta Kepala SKPD Komitmen Tingkatkan Capaian Kinerja

Bukannya tanpa sebab, ia menilai selama ini menurutnya cenderung menurun dan tidak sesuai antara laporan dan kondisi real di lapangan.

Bupati Erlina Minta Kepala SKPD Komitmen Tingkatkan Capaian Kinerja
ISTIMEWA
Suasana rapat Ekspose Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) di Kantor Bupati Mempawah, Selasa (16/7/2019). 

Bupati Erlina Minta Kepala SKPD Komitmen Tingkatkan Capaian Kinerja

MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Hj Erlina melalui Sekretaris Daerah, Ismail meminta agar seluruh kepala perangkat daerah yang ada di Kabupaten Mempawah berkomitmen untuk meningkatkan capaian kinerja.

Bukannya tanpa sebab, ia menilai selama ini menurutnya cenderung menurun dan tidak sesuai antara laporan dan kondisi real di lapangan.

"Dengan adanya ekspose ini, bakal mampu mewujudkan suatu komitmen bersama terhadap nilai-nilai yang mengalami penurunan dan capaian kinerja yang belum maksimal agar di tingkatkan di tahun yang akan datang," ujarnya, usai rapat Ekspose Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD), Selasa (16/7/2019).

Turut hadir disitu Tim Teknis Daerah EKPPD tahun 2019 Inspektorat Provinsi Kalbar beserta rombongan. Sekda Kabupaten Mempawah, Ismail, Asisten Tata Praja, dan Seluruh Kepala SKPD Kabupaten Mempawah.

Baca: Bupati Erlina Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji Mempawah, Sampaikan Pesan Berikut

Baca: Lepas 178 Orang Calon Jamaah Haji, Bupati Erlina Pesankan Jamaah Jangan Takabur

Sejalan dengan ketentuan pasal 69 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, disitu dijelaskan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban, dan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Ismail mengatakan bahwa dalam pasal 70 ayat (5) disebutkan bahwa LPPD digunakan sebagai bahan evaluasi dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh pemerintah pusat.

"Mengingat ini sangat penting untuk disampaikan, ini harus kita sampaikan sebagai media untuk menginformasikan capaian kinerja masing-masing pelaksana urusan pemerintahan di Kabupaten Mempawah," ujarnya.

Ismail berharap kedepannya, seluruh komponen yang terlibat, baik tim penyusun dokumen LPPD Kabupaten, maupun perangkat daerah mampu menyajikan sebuah dokumen pendukung evaluasi yang sesuai dengan capaian kinerja yang telah dilakukan.

Baca: Bupati Erlina Optimis Dua Mega Proyek Mampu di Mempawah Dongkrak Perekonomian

Baca: Bupati Erlina Apresiasi Kinerja Polres Mempawah

"Hal ini penting di ingatkan, karena selama ini seluruh dokumen laporan baik LPPD, LKPJ, LAKIP dan LKPD cenderung tidak menjadi atensi kepala perangkat daerah. Laporan selalu ditempatkan pada prioritas yang kesekian," ujarnya.

Menurut dia, kondisi itulah yang menyebabkan kualitas data dan dokumen pendukung sebagai kelengkapan dokumen LPPD menjadi sangat rendah.

"Hal ini berimplikasi kepada nilai capaian kinerja yang tidak sesuai dengan kondisi real pelaksanaan urusan yang telah dilakukan seluruh pelaksana urusan dalam hal ini perangkat daerah di Kabupaten Mempawah," ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya ekspose ini, bakal mampu mewujudkan suatu komitmen bersama terhadap nilai-nilai yang mengalami penurunan dan capaian kinerja yang belum maksimal agar di tingkatkan di tahun yang akan datang.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved